Home / Sumsel / Paparkan Kesiapan Asian Games, Gubernur Pukau 3 Menteri

Paparkan Kesiapan Asian Games, Gubernur Pukau 3 Menteri

Palembang, BP
     Memasuki waktu yang kurang lebih satu tahun menjelang perhelatan akbar bangsa-bangsa Asia, hari ini tiga Menteri Republik Indonesia (RI) berkunjung ke Sumatera Selatan, dalam rangka meninjau langsung progres kesiapan Asian Games baik itu infrastruktur penunjang maupun kesiapan venues untuk penyelenggaraan nanti, Ketiga menteri tersebut, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Rabu (24/5).

Menteri dalam kabinet kerja Jokowi-Jk disambut hangat Gubernur Sumatera  Selatan  H. Alex Noerdin di Bandara Sultan Mahmud Badharudin II. Sebelum mininjau langsung Light Rail Transit, Tol Palembang-Indralaya,dan venue tiga Menteri ini menyimak paparan dari Gubernur mengenai progres kesiapan Asian Games.

Dalam paparannya Alex noerdin mengungkapkan, sebagai salah satu tuan rumah perhelatan bangsa-bangsa Asia, saat ini Sumsel diberikan  tugas dan tanggung jawab 11 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan di Palembang, dimana delapan Olimpic dan tiga non olimpic.

Baca:  15 Negara Ramaikan Governor Cup Asia Pacific Beach Volleyball Tournament 2017

Untuk seluruh pembangunan infrastruktur dikatakan Alex tidak terhambat kendala, bahkan pembangunanya hingga saat ini terus dikebut agar selesai tepat waktu. Pembangunan infrastruktur seperti Ligh Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia, Pembangunan Jalan tol, penambahan jembatan musi IV dan musi VI, serta Fly over.

” Insha Allah kami sudah siap semuanya, dan selesainya juga on the track,” katanya.

Secara rinci dijelaskan Alex termasuk 18 venue yang sudah ada dan berstandar internasional terletak dalam satu komplek ditengah kota yang juga saat ini ditetapkan sebagai kawasan wisata olahraga yakni Jakabaring Sport City (JSC). Di saat yang sama Alex memukau tiga menteri kabinet bersatu itu, dengan paparan yang memberikan kenyamanan untuk para atlit mulai dari Bandara hingga masuk JSC.


“Cari yang seperti ini diseluruh dunia memberikan kenyamanan mulai dari Bandara menuju JSC,  Terimakasih saya kepada yang membantu semua ini, ini juga menjadi warisan untuk generasi penerus, atas nama Pemprov dan masyarat Sumsel saya ucapkan terimakasih,” katanya.

Baca:  Perkenalkan Kain Jumputan Khas Sumsel Melalui Bazar Amal Tahunan

Sementara Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mengatakan, pihaknya setelah mendengarkan paparan dari Gubernur Sumse, ia mengungkapkan rasa nyaman saat berada di Bumi Sriwijaya.

“Hari ini adalah kunjungan saya bersama menteri PU sebagai menteri keuangan senang untuk bisa dateng ketempat lokasi proyek-proyek, seperti yang kita ketahui bahwa didalam APBN pengeluaran untuk infrastruktur itu sangat besar, apalagi tujuannya untuk perekonomian Indonesia maju sehingga mampu mengurangi kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, mengurangi kesenjangan,” ungkapnya

“Mendengar paparan Gubernur yang semua proyek bisa selesai dalam waktu dekat itu akan membuat kita makin bersemangat didalam mengelola keuangan secara lebih baik,” terangnya

Lanjut Menkeu, mendapat penjelasan dari Menteri Perhubungan mengenai progres proyek LRT ini membutuhkan anggaran yang diadakan secara beberapa tahun. Sementara untuk kebutuhan penyelesaian semua progres Asian Games dikatakannya harus dilakukan pendataan secara bertahap, sehingga APBN mampu menjembatani kebutuhan yang sangat cepat dan mendesak.

“Saya berterimakasih kepada Menteri Perhubungan, karena LRT yang tadinya diperkirakan menelan kurang lebih dana 12 Triliun, sesudah di review menjadi 10,9 Triliun untuk jarak 24 Km, dengan 13 stasiun diperkirakan Kota Palembang menjadi kota yang bergairah,” tuturnya

Baca:  Percepatan Pembangunan Sumsel Terdepan di Indonesia

Dia menambahkan, kedatangan dirinya bersama menteri PUPR, dan Menteri Perhubungan juga untuk memastikan anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan LRT Kota Palembang tidak terdapat hambatan.

“Kami hadir di sini memperlihatkan kebutuhan dari keseluruhan proyek itu yang tidak bisa ditunda akan sangat penting. Sehingga, kami memikirkan bagaimana dari sisi anggaran bisa mendukung. Meskipun, Menteri perhubungan mempunyai banyak sekali prioritas, proyeknya tidak hanya LRT,” terangnya.#adv
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

KPU Palembang Akui Kekurangan Surat Suara di Sejumlah TPS di Palembang

Palembang, BP Menanggapi pernyataan Tim Capres 02 yang mempertanyakan kenapa di daerah basis mereka Surat Suara Pilpres kurang sehingga merasa ...