Home / Pendidikan / Aksioma, Sumsel Targetkan Posisi Lima Besar

Aksioma, Sumsel Targetkan Posisi Lima Besar

AKSIOMA-Wagub Sumsel H Ishak Mekki membuka Kompetisi Aksioma di MAN III Palembang, Selasa (23/5). (foto: BP/SUGIARTO)

Palembang, BP — Jelang Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2017, Sumsel terus mengencangkan ikat pinggang. Bahkan pada event bergengsi ini, Sumsel menargetkan meraih posisi lima besar.

Demikian disampaikan Kakanwil Kemenag Sumsel Alfajri Zabidi. Dia menargetkan pergelaran Aksioma dan KSM 2017 yang akan berlangsung pada Agustus mendatang, menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

“Tahun sebelumnya kita hanya masuk 20 besar saja, tahun ini ditargetkan masuk lima besar,” ungkapnya usai acara pembukaan Aksioma dan KSM 2017 di lapangan MA Negeri 3 Palembang, Selasa (23/5).

Baca:  Wagub Apresiasi Keberhasilan Universitas Tridinanti Palembang

Dijelaskannya, ajang Aksioma dan KSM tingkat kota hingga provinsi merupakan salah satu penjaringan atlet terbaik yang akan dikirim untuk berjuang di tingkat nasional. Dari 880 peserta dari semua perwakilan Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga tingkat Madrasah Aliyah (MA).

“Untuk cabang lomba ada 25 jenis, setiap tingkatan memiliki jenis lomba yang berbeda. Dari total 880 peserta tersebut akan diambil satu orang terbaik dari setiap cabor untuk melaju ke tingkat nasional,” tegasnya.

Baca:  Mau Head to Head, Tiga atau Empat Calon Tidak Jadi Masalah

Menurutnya, Sumsel sendiri ada dua cabor andalan yakni pencak silat dan Tahfidz Alquran. Kedua Kabir ini selalu menyumbang piala terbanyak dalam setiap pagelaran Aksioma dan KSM di tingkat nasional.

“Kita memaksimalkan cabor yang biasa mendapatkan medali, namun tetap melakukan pembinaan pada cabor lainnya agar bisa memberikan hasil yang maksimal,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan, Aksioma dan KSM merupakan salah satu Kegiatan yang bernilai positif sebagai bentuk kelahiran bagi pelajar gmagar memiliki talenta yang bisa mengharumkan nama baik daerah.

Baca:  Giri Ramanda, Aswari, dan Eddy Santana Intens Komunikasi Dengan Ishak Mekki

“Kalau event seperti ini dimaksimalkan maka akan muncul bibit-bibit yang memiliki talenta dan kemampuan yang sangat baik. Dari kompetensi tersebutlah bisa melahirkan generasi yang bisa mengharumkan nama Sumsel, Indonesia hingga ke tingkat internasional,” ucapnya.

Ke depan Wagub berharap kegiatan seni dan kompetisi yang membawa pada kreatifitas pelajar agar terus ditingkatkan oleh seluruh sekolah. Sehingga pelajar tak hanya cerdas secara kognitif tapi juga emosional dalam hal ini kreativitas. #sug

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DR Sunda Ariana Resmi Jadi Rektor Universitas Bina Darma

Palembang, BP — Setelah rektor sebelumnya Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc wafat belum lama ini, Dr. Sunda Ariana M.Pd. ...