Ziarah dan Haul Habib Ali Berlangsung Hikmat

Palembang, BP

IST
HAUL-Suasana Haul Habib Ali Bin Alwi Bin di rumah Shohibul Haul di Kampung Alawiyin Sungai Bayas, Minggu (14/5).

Hikmat. Suasana itu terlihat jelas pada ziarah ke Makom Shohibul Haul di Guba Habib Ahmad Bin Syeh Shabab dan Haul Habib Ali Bin Alwi Bin Syahab (Habib Ali Jenggot Abang) di Kampung Alawiyin Sungai Bayas, Jalan Ali Gatmir Palembang, Minggu (14/5). Acara diikuti ratusan orang dan tausiyah oleh Habib Mahdi Syahab.

Dalam pembacaan manaqib (biografi) yang disampaikan oleh Sayyid hafidz bin Syahab bahwa Sohibul Haul yaitu Habib Ali bin Alwi bin Syahab merupakan salah seorang ulama besar Kota Palembang. Bahkan, sudah sudah banyak alim ulama yang dicetak oleh beliau baik dari kalangan habib maupun dari kalangan kiyai.

Dia juga banyak mengarang kitab, baik kitab mengenai ilmu agama maupun ilmu kesehatan herbal islami, dan beliau meninggal dalam keadaan berdzikir kepada Allah SWT pada akhir sya’ban tahun 1356 H atau bertepatan pada bulan November 1935 M. Habib Ali dimakamkan di komplek pemakaman Gubah Habib Ahmad bin syekh bin Syahab, Kelurahan Duku, Ilir Timur II, Palembang.

“Dan kini rumah peninggalan beliau masih dapat kita saksikan bersama sama sebagai bukti perjuangan salah seorang ulama besar Kota Palembang yang berada di Kampung Alawiyyin Sungai Bayas Pasar Kuto. Selain itu beliau juga meninggalkan banyak manuskrip sejarah tentang ilmu agama Islam dan ilmu pengobatan thibbun nabawiy. Semoga perjuangan beliau selalu dikenang oleh umat Islam, khususnya masyarakat Kota Palembang, ” katanya.

Sedangkan Habib Mahdi dalam tausiahnya mengatakan, peringatan haul seperti ini memberikan dua pelajaran penting yang sangat pokok untuk masyarakat.

“Yaitu pertama peringatan haul menjadikan kita untuk memperbanyak mengingat mengingat ​kematian. Kedua peringatan haul seperti ini memberikan contoh kepada kita sebuah untaian kisah hidup orang shaleh yang bisa kita tiru dan kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” pungkasnya.

#osk