Home / Sumsel / Tol Palindra Urung Dilalui Pemudik

Tol Palindra Urung Dilalui Pemudik

Palembang, BP — Mundurnya uji coba tol Palindra, lebih dikarenakan faktor alam. Pasalnya, di musim penghujan seperti sekarang ini, penimbunan rawa-rawa membutuhkan waktu lebih lama untuk pemadatannya.

Tol Palembang – Inderalaya (Palindra) belum dapat dioperasikan Juni untuk pemudik Lebaran Idul Fitri 1438 H. Menurut Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Anita Noeringhati, tol Palindra baru akan diuji coba pada Agustus mendatang.

Dijelaskan Anita, mundurnya uji coba tol Palindra, lebih dikarenakan faktor alam. Pasalnya, di musim penghujan seperti sekarang ini, penimbunan rawa-rawa membutuhkan waktu lebih lama untuk pemadatannya.

“Untuk tol Palindra ditargetkan bulan Agustus sudah bisa diuji coba untuk cek fisik. Saat ini terkendala musim hujan, karena banyak rawa-rawa ditimbun sehingga membutuhkan waktu untuk pemadatan jalan, ini membuat jadwal yang seharusnya Juni bisa diuji coba mundur Agustus,” kata  Politisi Partai Golkar ini, Selasa (8/5).

Baca:  BRI Siapkan Kartu LRT-Tol di Palembang

Kepastian itu kata Anita, setelah Komisi IV meninjau progres pembangunan tol Palindra, belum lama ini. “Namun, kita harapkan di akhir tahun 2017, seluruh pembangunan di Sumsel kita harapkan selesai, termasuk tol Palindra ini, karena menjelang Asian Games, baik jalan dan pembangunan lainnya harus sudah siap,” ujar Anita.

Sebelumnya diberitakan, Manager Proyek PT Hutama Karya (Persero) Devisi Tol Palindra, Hasan Turcahyo mengungkapkan, tol Palindra sebelum lebaran untuk Seksi I sudah dapat digunakan untuk arus mudik.

Baca:  Penimbunan Pasir Tol Palindera Capai 50 Persen

Dikatakannya, sejauh ini untuk progres keseluruhan tol Palindra sudah mencapai sekitar 59 persen dimana rinciannya untuk seksi I Palembang – Pemulutan sudah mencapai 84 persen, kemudian untuk seksi dua Pemulutan – Rambutan baru mencapai 7 persen dan untuk seksi tiga Rambutan – Simpang Inderalaya mencapai 61 persen.

“Insya Allah sebelum arus mudik lebaran tahun ini untuk seksi satu tol Palindra sudah dapat digunakan dan dilalui,” katanya.

Ia mengakui seharusnya progress pembangunan tol Palindra sudah melebihi persentase saat ini, namun memang masih terkendala cuaca yang terus-menerus hujan sehingga menjadi kendala berat dan berakibat pada terlambatnya pengerjaan terutama dalam hal penimbunan.

Baca:  Penimbunan Pasir Tol Palindera Capai 50 Persen

“Jika hujan maka lokasi ini sangat sulit ditimbun mengingat lahan tol Palindra ini adalah rawa. Kemudian untuk pengerjaan kontruksinya sendiri itu harus menunggu lahan kering terlebih dahulu,” terangnya.

Selain permasalahan cuaca, Hasan melanjutkan, bahwa pembebasan lahan juga menjadi kendala sampai saat ini.  Karena ada beberapa pemilik yang masih enggan melepaskan lahannya meskipun sudah dibawa ke pengadilan.

“Karena itu, kami berkoordinasi bersama Badan Pertanahan Negara (BPN) dan Pemerintah Daerah (Pemda) agar permasalahan ini dapat diselesaikan dengan cepat,” katanya. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

KPU Palembang Cetak 1.142.426 Surat Suara

Palembang, BP Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang menyatakan, dalam pemilihan walikota (Pilwako) dan wakil walikota pada 27 Juni mendatang, ...