Home / Headline / Tidak Ada Kerajaan Sebesar Sriwijaya

Tidak Ada Kerajaan Sebesar Sriwijaya

Palembang, BP

BP/DUDY OSKANDAR
PAPARAN-Paparan sejarah mengenai Kerajaan Sriwijaya oleh Palembang Nian Community Di Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, belum lama ini.

Daerah Kota Palembang Harobin Mustafa mengajak masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) terutama masyarakat Kota Palembang, untuk mengetahui sejarah Kerajaan Sriwijaya.

Sekda mengaku tidak habis pikir kenapa budayawan Betawi Riduan Saidi menilai kalau Kerajaan Sriwijaya itu fiktif. Untuk itu, Sekda mengapresiasi kegiatan paparan sejarah setiap Sabtu malam Minggu, yang digelar di Pedestrian Jalan Sudirman oleh Palembang Nian Community. Tujuannya agar semua masyarakat tahu sejarah terutama tentang Kerajaan Sriwijaya, di mana Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan besar yang terkenal seluruh dunia.

“Belum ada kerajaan lain sebesar Kerajaan Sriwijaya, Singapura, Thailand dan lain-lainnya itu dulu masih wilayah Sriwijaya. Kerajaan di Jawa itu belum ada sebelum Sriwijaya, supaya kita tahu kalau Kerajaan Sriwijaya itu memang ada bukan fiktif,” katanya di hadapan masyarakat di pedestrian Sudirman didampingi Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) Vebri Alintani dan Kms Gerby Novario, alumni FKIP Jurusan Sejarah dari Universitas Sriwijaya.

Sedangkan Ketua DKP Vebri Alintani mengapresiasi kedatangan Sekda Palembang tersebut yang mendukung kegiatan mereka. Menurutnya, peninggalan Kerajaan Sriwijaya ini banyak selain di Palembang juga di luar Palembang.

“Kita patut tersinggung kalau ada yang mengatakan Sriwijaya itu fuiktif, kalau tidak tersinggung berarti dia tidak mengerti tentang Kerajaan Sriwijaya,” katanya.

Dan selama ini menurut Vebri, paparan sejarah sudah banyak dilakukan Palembang Nian Community seperti soal Ratu Sinuhun , Gending Sriwijaya.

“Ini pertanda kalau Sriwijaya itu harus bangkit melalui pemerintahanan terutama melalui pemerintahan Harnojoyo dan Fitrianty, karena kita diberikan teguran dan arahan Tuhan bahwa kita dari berasal Sriwijaya, berasal dari sebuah Kerajaan besar, nenek moyang kita adalah orang hebat, “ katanya.

Sedangkan Gerby mengatakan kalau berdasarkan bukti sejarah yang ada kalau Kerajaan Sriwijaya itu memang ada salah satu situsnya adalah Bukit Siguntang, membuktikan kalau Kerajaan Sriwijaya itu ada. Karena di Bukit Siguntang banyak ditemukan banyak peninggalan masa lampau seperti di kaki Bukit Siguntang pernah ditemukan fragmen arca budha yang kini disimpan di TPKS Gandus.

Menurutnya untuk beberapa lama Kerajaan Sriwijaya pernah lama di Palembang menjadi ibu kota Kerajaan Sriwijaya. Namun karena ada tekanan, serangan ibu kota kerajaan Sriwijaya dipindah, namun bukan berarti Palembang bukan ibu kota Kerajaan Sriwijaya.

#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

MMK Tolak RUU KUHP

#Jutaan Rakyat Indonesia Terancam Masuk Penjara, Semua Bisa Kena RUU KUHP Baru Palembang, BP Pada penghujung masa jabatan DPR RI ...