Home / Sumsel / Sumsel Pasca Alex Noerdin

Sumsel Pasca Alex Noerdin Forum Pemred Gelar Seri Diskusi

Palembang, BP — Forum Pemimpin Redaksi Sumsel menggagas seri diskusi terkait suksesi Gubernur Sumatera Selatan pasca masa jabatan kedua H Alex Noerdin yang berakhir tahun depan.

Seri pertama akan menghadirkan kalangan akademisi dan pengamat untuk merumuskan figur yang cocok memimpin Sumsel lima tahun ke depan (2018-2023).

Pers perlu menyikapi suksesi ini mengingat fungsi pers sebagai agen pembangunan, agen pembaharuan, dan agen pencerahan. Sehingga nantinya masyarakat bisa mengetahui figur yang mereka butuhkan.

Demikian hasil diskusi Forum Pemred, Minggu (7/5). Meskipun tidak dihadiri seluruh anggota, sebagian besar setuju diselenggarakan diskusi ini.

Tercatat yang menyetujui acara ini antara lain Pemred Tribun Sumsel Wenny Ramdiastuti, Pemred Sumatera Ekspress Nurseri, Indra Goeltom (LKBN Antara Sumsel), Iman Handiman (BeritaPagi), Boy Iskandar dan Aina Rumni Aziz (Sindo Palembang), Maspril Aries (Republika), Bangun Lubis (Assajidin), Parliza Hendrawan (Tempo Palembang) dan Ketua PWI Oktaf Riady, serta Hadi Prayogo (Kepala Newsroom Sriwijaya Post-Tribun Sumsel) sebagai Ketua Forum Pemred.

Baca:  Gubernur Konsisten Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Sumsel 

Hadi Prayogo mengatakan, diskusi perdana yang dijadwalkan berlangsung pada 24 Mei ini akan membedah persoalan yang bakal dihadapi oleh gubernur periode lima tahun kedepan. Sedangkan kesiapan para calon dalam memecahkan setiap persoalan itu akan dibahas pada sesi selanjutnya.

“Pada diskusi perdana kami akan mengundang Pak Gubernur Alex Noerdin untuk keynote speech, sementara para akademisi dan pengamat sebagai narasumber. Forum Pemred juga mengundang tokoh-tokoh yang diperkirakan bakal maju dalam Pilgub Sumsel sebagai peserta kehormatan,” kata Hadi di sela-sela rapat, Minggu.

Seri berikutnya baru akan menampilkan para tokoh bakal calon gubernur sebagai narasumber utama. Dari diskusi ini diharapkan akan terlihat tokoh yang serius dan berkualitas untuk maju dalam Pilgub 2018.

Sedangkan Iman Handiman mengungkapkan pasca Alex Noerdin, Sumsel harus tetap menjadi salah satu daerah terdepan dalam segala bidang seperti pembangunan ekonomi, transportasi, dan pertanian. Khusus proyek yang telah berjalan seperti LRT maupun pengembangan pelabuhan Tanjung Api-api, gubernur mendatang “wajib” meneruskannya. LRT harus dikembangkan agar sebagain besar kawasan pemukiman dan bisnis serta perkantoran dapat terkoneksi langsung dengan sarana transportasi massal itu.

Baca:  Alex Ajak Ribuan Jamaah Pertahankan Zero Konflik di Sumsel

Untuk itu daerah dengan 17 kabupaten dan kota ini harus dipimpin oleh tokoh yang paham persoalan dan memiliki cara untuk menyelesaikannya. Masih kata Pemred BeritaPagi ini, pihaknya meyakini dialog dengan pembedah para akademisi bidang ekonomi, sosial ekonomi pertanian, sosial kemasyarakatan tersebut dapat memetakan persoalan kedepannya. “Seri berikutnya baru kita masuk pada sosok pemimpin yang ideal seperti apa,” ujarnya.

Maspril Ariea dan Indra Goeltom menjelaskan dialog harus menghadirkan Gubernur Alex Noerdin sebagai pembicara utama. Pasalnya gubernur dua periode itu mengatahui banyak hal tentang tantangan yang bakal dihadapi oleh penerusnya. Selain itu Alex juga bisa membeberkan hal-hal yang belum sempat ia kerjakan selama 10 tahun memimpin Sumsel. “Kalau tidak terkoneksi maka LRT akan jadi besi tua,” ujar Indra.

Baca:  Alex Sempatkan Bermain Jet Ski

Sedangkan Maspriel Aries, wartawan Republika biro Sumatera Selatan yang juga menjadi peserta rapat menjelaskan sebagai penyelenggara kegiatan, Forum Pemred akan netral tidak memihak pada figur mana pun. Karena itulah pada seri perdana ini, pihaknya hanya mengundang Alex Noerdin sebagai pembicara utama dan para akademisi dari Universitas Sriwijaya. Sedangkan pesertanya selain dari kalangan pers sendiri, juga akan hadir para mahasiswa, pemuda, pengusaha dan para tokoh Sumsel. “Para kandidat juga diundang sebagai peserta,” ujarnya.

Hadi Prayogo berharap diskusi berseri Forum Pemred ini mendapat respon yang positif dari para tokoh bakal calon gubernur. Karena respon tersebut menunjukkan keseriusan dan kualitas mereka. #rel

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

KPU Palembang Cetak 1.142.426 Surat Suara

Palembang, BP Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang menyatakan, dalam pemilihan walikota (Pilwako) dan wakil walikota pada 27 Juni mendatang, ...