Wagub: Mahasiswa Harus Miliki Karakter Sejak Dini

  Palembang, BP

Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Ishak Mekki menghadiri dan menyaksikan wisuda program Diploma III (DIII), Sarjana (S1) ke-62 dan Pascasarjana (S2) ke-23 Universitas Muhammadyah Palembang di Gedung Opi Exhibition and Convention Center, Kamis (20/4).

Di tengah-tengah kesibukannya sebagai Wagub Sumsel, Ishak menyempatkan hadir di tengah-tengah ujung tombak Sumsel. Hadirnya Ishak sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pendidikan di Sumsel. Hampir 1.000 wisudawan dan wisudawati dari berbagai fakultas telah berhasil mengemban pendidikan sebagai mahasiswa.

Dalam kata sambutannya Ishak menegaskan, saat ini Indonesia telah masuk daerah ekonomi ASEAN atau biasa disebut dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yang telah menjadi satu hamparan. Untuk itu, Ishak mengimbau dalam persaingan yang semakin ketat ini lulusan Universitas Muhammadyah Palembang (UMP) bisa berkontribusi penuh dalam menaklukkan persaingan internasional.

“Jadilah terang tapi bukan ditempat terang, jadilah harapan bukan hanya mengharap,” tegas Ishak.

Ia juga menyebutkan, Pemerintah Provinsi Sumsel selalu dan terus berupaya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Salah satunya melalui pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api (KEK-TAA).

“Saya yakin lulusan UMP lima sampai sepuluh tahun yang akan datang menjadi alumni yang telah teruji dan terbukti menjadi sukses dan berdaya saing internasional,” tuturnya.

“Tidak mungkin kalian hadir di sini tanpa melalui proses yang penuh perjuangan. Hari ini para sarjana telah berhasil melalui ujian-ujian, mudah-mudahan apa yang telah didapatkan bisa diimplementasikan di kehidupan masing-masing,” kata Ishak.

Dalam kesempatan yang sama Koordinator Kopertis Wilayah II  Prof Dr Slamet Widodo, MS,MM mengatakan, dalam rangka meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mengemban pendidikan tinggi, saat ini telah ada penandatanganan MoU antara Forum CSR Kessos bersama Kopertis Wilayah II Provinsi Sumsel.

Dalam hal ini Forum CSR Kessos Provinsi Sumsel memberikan pembinaan-pembinaan kepada mahasiswa yang berhubungan dengan entrepreneurship. Dan tak hanya pembinaan saja, Forum CSR Kessos juga akan melakukan penyuluhan-penyuluhan antinarkoba kepada ujung tombak Sumsel.

Turut hadir dalam kesempatan ini Direktur Utama Bank Sumsel Babel M Adil dan Rektor Universitas Muhammadyah Palembang.#osk