Home / Bisnis / Telkomsel Dorong Transformasi ke Digital

Telkomsel Dorong Transformasi ke Digital

TELKOMSEL DIGITAL MASTERY-Direktur Human Capital Management Telkomsel Priyantono Rudito (kanan) didampingi oleh Vice President People Development Telkomsel Mardi FN Sinaga (kiri) seusai acara peluncuran buku ‘Digital Mastery’ di Jakarta, Kamis (20/4).

Palembang, BP

Telkomsel tengah mengakselerasi tranformasi perusahaan dari Telecommunication Company menjadi Digital Telecommunication Company melalui program sumber daya manusia yang bertajuk ‘Digital Mastery’.

“Era digital harus dihadapi dengan cermat oleh seluruh industri di dunia. Tidak ada jalan untuk menghindar ataupun celah lain. Dampak dari era digital ini, beragam layanan dapat mendisrupsi bisnis dan industri secara global. Setiap industri harus jeli untuk berselancar mengendalikan gelombang digital sekaligus menginisiasi inovasi bisnis menjadi sumber daya yang menguntungkan untuk kelangsungan hidup perusahaan”, ujar Direktur Human Capital Management Telkomsel Priyantono Rudito di sela-sela peluncuran buku ‘Digital Mastery’.

Baca:  GM Telkomsel Layani Langsung Pelanggan

Priyantono menjelaskan, transformasi digital bukanlah selalu masalah teknologi namun sebuah transformasi organisasi menyeluruh yang mencakup perubahan aspek-aspek krusial lain. Seperti strategi, proses, sumber daya manusia, dan budaya, hingga kepemimpinan. Transformasi digital tak hanya masalah mengadopsi machine learning, memanfaatkan big data, atau menciptakan aplikasi digital semata. “That’s a management and people challenge, not just a technology one”, ujarnya melalui siaran pers yang diterima BeritaPagi.

Dalam bukunya, Priyantono menjabarkan, transformasi digital menuntut perusahaan mengembangkan dua kemampuan, yaitu kemampuan digital (digital capability) dan kemampuan kepemimpinan (leadership capability). Yang pertama menyangkut the what of technology (kemampuan membangun dan mengembangkan teknologi digital), sementara yang kedua menyangkut the how of leading change (kemampuan mengarahkan dan menggerakkan perubahan).

Baca:  Telkomsel Luncurkan Aplikasi Informasi Pendidikan

Setiap perusahaan memiliki peluang untuk bisa lolos dari ancaman disrupsi digital, dengan menempati posisi sebagai ‘Digital Mastery’, maka perusahaan akan terhindar dari bahaya disrupsi dan bahkan menciptakan model bisnis baru yang mampu mendisrupsi industri. Menjadi agenda besar bagi setiap perusahaan untuk menggulirkan transformasi digital dengan tujuan akhir menjadi Digital Master.

Dalam bertranformasi menjadi digital telecommunication company, Telkomsel terus menjadi yang terdepan dalam melakukan pengembangan teknologi seluler terkini di Indonesia, dan berkomitmen untuk membangun ekosistem digital Tanah Air. Setelah menjadi yang pertama secara komersial meluncurkan mobile 4G LTE di Indonesia pada akhir 2014, baru-baru ini Telkomsel juga telah melakukan uji coba 1Gbps yang merupakan roadmap penerapan 5G di masa mendatang.

Baca:  Telkomsel Jaring 1.400 Aplikasi

Telkomsel berupaya untuk mengedepankan inovasi dari sisi produk dan layanan, jaringan, serta teknologi untuk menghadirkan pengalaman mobile digital lifestyle yang semakin berkualitas bagi pelanggan. Untuk menghadirkan digital experience yang optimal sesuai kebutuhan pelanggan yang beragam, tahun ini Telkomsel akan mengembangkan berbagai layanan digital lifestyle, khususnya layanan berbasis video.

Di sisi lain, untuk mendukung ekosistem digital yang kuat, Telkomsel terus menggelar BTS broadband di berbagai lokasi di Indonesia. Adapun komposisi BTS broadband secara nasional adalah sekitar 61% dari total keseluruhan 129.000 BTS yang tersebar hingga ke wilayah pulau terdepan, pelosok, dan daerah perbatasan.#mik

x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Sambangi Istana Bogor, Bahas Progres Asian Games

Bogor, BP— Untuk memastikan persiapan Asian Games 2018 berjalan baik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin Rapat ...