Home / Headline / Mahasiswa Teknik UTP Harus Peduli Dengan Sumber Daya Air

Mahasiswa Teknik UTP Harus Peduli Dengan Sumber Daya Air

Palembang, BP

DUDY OSKANDAR
KULIAH UMUM-Foto bersama usai kuliah umum Sumber Daya Air, Perkembangan Bangunan Air dan Bendungan dalam Dunia Teknik Sipil di Aula Fakultas Teknik, UTP Palembang, Kamis (20/4).

Fakutas Teknik Sipil Universitas Tridinanti Palembang (UTP ) menggelar Kuliah Umum Sumber Daya Air, Perkembangan Bangunan Air dan Bendungan dalam Dunia Teknik Sipil. Dalam kuliah umum itu, mahasiswa UTP diminta mampu bersaing dengan memanfaatkan sumber daya air. Acara tersebut di buka oleh Pembantu Dekan I Fakultas Teknik UTP Ir Madagaskar, MT, dan dihadiri Ketua Prodi Teknik Sipil Ir Bahder Djohan, Msc, dan Ketua Ikatan Alumni Teknik Sipil UTP Ir Benny Kuswari.

“Saya melalui mahasiswa Teknik Sipil UTP dan mahasiswa lain mengajak untuk mengerti, peduli sumber daya air. Kemudian setelah mereka peduli ditingkatkan kemampuan mahasiswa karena kedepan kegiatan kita ini banyak. Balai ini sudah mengadakan kerja sama dengan akademisi, jadi mahasiswa melihat. Artinya teori yang didapat di sekolah atau universitas bentuk wujudnya seperti apa, harapannya untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa agar mampu bersaing,” kata pemateri Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Provinsi Sumsel Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Ferry Syahrizal, ST, MT, di Aula Fakultas Teknik UTP, Kamis (20/4).

Selain itu ke depan pemerintah daerah yaitu Pemko Palembang menginginkan adanya pasar air, dan mereka sudah melakukan diskusi.

“Ada keinginan Pemko Palembang untuk melakukan itu, lokasinya itu di Sungai Sekanak, itu yang sedang kita teliti. Itu masih wacana ke depan seperti apa bentuknya ini sedang kita lakukan penelitian. Karena ini masih wacana dan masih diteliti sehingga belum ada anggaran untuk merealisasikannya, tapi dengan kerja sama ke depan akan dilihat,” jelasnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) UTP Erlangga Teisha mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menambah wawasan mahasiswa bahwa perkuliahan yang dijalani sehari-hari jauh berbeda yang di lapangan, khususnya di dunia pekerjaan.

“Beliau memberikan kami wawasan dan support agar kami berpikir maju ke depan dan tidak mengandalkan perkuliahan yang hanya di kelas, materi dan praktik di laboratorium kurang. Kami ingin memulai kerja sama dengan Satuan Kerja Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII dengan UTP. Kami di teknik sipil tujuannya untuk pembangunan satu daerah, kami akan melakukan kerja praktik di semester akhir, mungkin dengan kerja sama ini kami dipermudah mencari kerja praktik di proyek-proyek yang sedang berjalan saat ini, itu tujuan utama,” jelas dia.

Menurutnya, peserta yang mengikuti kegiatan ini dari kalangan universitas di antaranya mahasiswa Teknik Sipil dari UTP, dari Universitas IBA, Universitas PGRI Palembang, Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Universitas Bina Darma, Politeknik Sriwijaya (Polsri) dan Universitas Sriwijaya (Unsri).

#osk

 

x

Jangan Lewatkan

UIN Raden Fatah Berduka

Palembang, BP Civitas akademika Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang berduka, salah satu dosen terbaiknya Drs. Kailani Mustafa, ...