Wakil Walikota Palembang Jadi Pembina YAP

Palembang, BP

BP/FERLY MARISON
AUDIENSI-Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda berfoto bersama usai menerima audiensi pengurus Yayasan Anak Persada (YAP) di Kantor Walikota, Rabu (5/4).

Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda bersedia menjadi Pembina Yayasan Anak Persada (YAP) yang berorientasi pada kegiatan sosial kemasyarakat, pendidikan dan keagamaan. Finda-sapaan akrabnya, menerima amanah jabatan Pembina YAP yang berdiri sejak 7 Oktober 2016, setelah menerima audiensi pengurus YAP di ruangan kerjanya, Rabu (5/4). Kata Finda, dengan menjadi Pembina YAP dia bisa fokus mensupport kegiatan yayasan.

“Tidak masalah jadi pembina sehingga saya bisa fokus mensupport kegiatan YAP, apalagi saya juga menjabat Wawako Palembang. Selain itu, saya juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) dan juga Ketua Yayasan Jantung,” ujar Fitrianti Agustinda di sela-sela audiensi.

Menurut dia, pendirian YAP bertujuan sangat baik karena membantu anak tidak mampu dan keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan. Atas nama pribadi dan Palembang, dia menyambut baik kehadiran YAP dan diharapkan bisa bersinergi dalam melakukan kegiatan.

“Saya support lahir batin terkait pembinaan anak dan Ibu, apalagi salah satu tugas Pemko Palembang fokus pada anak, ditambah saya juga adalah seorang Ibu. Saya akan memanfaatkan masa jabatan saya untuk fokus pada persoalan anak dan Ibu,” tegas Finda.

Adik mantan Walikota Palembang Romi Herton ini sempat mempertanyakan kegiatan selanjutnya yang akan dilaksanakan YAP. Menurut Finda, jika ingin menggelar pengobatan gratis ada aturan yang harus dijalankan sehingga tidak menyalahi aturan.

“Kalau ingin menggelar kegiatan silahkan hubungi kami. Jika ingin melaksanakan pengobatan gratis, harus melapor untuk meminta izin dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RS BARI. Apa yang bisa kami bantu akan kami bantu,” ujar dia.

“Pengobatan gratis harus digelar di lingkungan rumah sakit, puskesmas dan klinik. Atau, minimal lokasinya bersebelahan, sehingga kalau ada apa-apa pihak rumah sakit bisa melakukan tindakan dan bertanggungjawab. Jika tidak melapor kalau terjadi apa-apa jangan salahkan Pemko Palembang dan izin tidak akan dikeluarkan. Saya harap Pemko dan YAP dapat bersinergi dan berbagi informasi terkait kegiatan yang akan dilakukan nantinya,” pungkas Finda.

Suasana Audiensi

Sementara itu, Ketua Umum YAP dr Ivan Davinsci mengaku senang diterima dengan baik oleh Wawako Palembang. Dia mengatakan, tujuan utama pendirian YAP untuk membantu masyarakat yang kekurangan terutama dalam bidang sosial, kesehatan dan pendidikan.

“Kita audiensi dengan Wawako agar kegiatan yang nantinya kita lakukan bisa bersinergi dengan program Pemko Palembang. Kami juga senang karena Ibu Finda bersedia menjadi Pembina YAP. Ke depan kami akan menggelar kegiatan pengobatan gratis bagi masyarakat tidak mampu serta donor darah,” pungkas dr Ivan.

#fer