Home / Bisnis / Jasa Raharja Kucurkan Rp1,35 Miliar Modal Usaha

Jasa Raharja Kucurkan Rp1,35 Miliar Modal Usaha

Sosialisasi program kemitraan di Jasa Raharja Sumsel, Kamis (23/3).

Palembang, BP

Tahun ini PT Jasa Raharja (Persero) mengucurkan dana modal usaha bagi pelaku usaha kecil menengah di Sumatera Selatan sebesar Rp1,35 miliar melalui program kemitraan. Hal ini dikatakan Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Sumsel Taufik Adnan, Kamis (23/3).

Dikatakan program ini merujuk pada Kementerian BUMN yang bertujuan agar kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat dapat dirasakan manfaatnya sesuai dengan Permen 05/MBU/2007 tentang program kemitraan BUMN.

“Jasa Raharja juga mempunyai tugas untuk turut serta membangun ekonomi kerakyatan secara langsung melalui pemberian pinjaman kepada pelaku UKM, untuk tahap pertama program penyaluran kemitraan di tahun ini kami merealisasikan Rp 335 juta kepada 16 pelaku UKM mitra binaan,” katanya.

Baca:  Jasa Raharja Santuni Rp200 Juta Korban Kecelakaan

Dijelaskan, pinjaman lunak yang diberikan ini ditujukan kepada pelaku UKM khususnya yang belum tersentuh oleh lembaga keuangan umum seperti perbankan. Bantuan tersebut dalam bentuk modal kerja dengan besaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari masing-masing pelaku UKM itu sendiri.

Menurut dia, umumnya jumlah maksimal yang diberikan sebesar Rp25 juta per mitra binaan, namun bisa saja mencapai Rp50 juta. Hanya saja pengajuannya akan diserahkan kembali kepada kantor pusat.

Baca:  Jasa Raharja Selesaikan Santunan Korban Meninggal Tabrakan Speed Boat 

“Jadi mereka (pelaku UKM) mengajukan permohonan, kemudian kami lakukan survei dan analisa. Setelah itu, baru akan ditetapkan berapa kebutuhan yang layak diberikan kepada yang bersangkutan,” katanya.

Kemudian, dalam waktu dua tahun modal kerja yang diberikan tersebut harus dikembalikan dengan interest rate 6 persen per tahun.  Untuk lama proses penyaluran sendiri memakan waktu sekitar satu bulan. “Tahun ini ada tiga sektor usaha yang dituju, yakni jasa, industri rumah tangga, dan perdagangan,” katanya.

Baca:  Jasa Raharja Resmikan Aplikasi Santunan

Dia menambahkan, semua pelau UKM berkesempatan untuk mendapatkan pinjaman lunak program kemitraan ini. Adapun syarat yang dibutuhkan antara lain fotocopy data diri dan usaha, kartu keluarga, NPWP, bukti bayar PBB, surat izin usaha, dan beberapa kelengkapan lainya.

Lebih jauh Taufik menambahkan, kurun periode 2012-2016 tren mitra binaan PT Jasa Raharja cabang Sumatera Selatan mengalami peningkatan baik dari segi jumlah penerima maupun besaran anggaran yang dikucurkan. “Total lima tahun terakhir mitra binaan kami sebanyak 326 pelaku UKM dengan total penyaluran bantuan yang diberikan sebesar Rp 4,72 miliar,” katanya. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tingkatkan Operasional Kilang, Pertamina Resmikan STS Muntok

i Palembang, BP PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) III Plaju meresmikan Operasional STS (Ship To Ship) Titik 3 Muntok. ...