Home / Sumsel / Ogan Komering Ulu Timur / UU No 35 Sudah Memiliki Kekuatan Hukum

UU No 35 Sudah Memiliki Kekuatan Hukum

27 Zat Narkoba Jenis Baru

Martapura, BP
Berdasarkan temuan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI bahwa terdapat 46 narkoba jenis baru telah beredar di indonesia. Dari 46 jenis narkoba baru  tersebut, ada 27 zat baru yang sudah ditambahkan ke dalam peraturan menteri kesehatan  nomor 4 tahun 2017 dan lampiran Undang Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, Psikotrofika, dan Zat Adiktif Lainnya.
“Berarti undang-undang ini sudah berlaku dan memiliki kekuatan hukum. Sehingga siapa pun yang menggunakan dan mengedarkan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegas Kalakhar Badan Narkotika Kabupaten (BNK) OKU Timur Bharudin AP, SP, MM melalui Kasi Penyidik dan Penyelidik, Reiki Doni, SE, MM.
Adapun zat-zat baru dalam jenis narkoba baru tersebut berupa AB Fubica, Fub-AMB Fubika, AB Pinaca, THJ-2201, MAB – Chaminaca, MDMB- Chaminaca dan TAJ-01 zat ini merupakan turunan dari zat THC sintetis.
“jika dipakai dengan dosis tinggi dan terus menerus zat – zat narkoba jenis baru tersebut bisa menyebabkan kematian, sehingga zat tersebut tidak boleh digunakan dalam pengobatan karena berpotensi tinggi untuk disalahgunakan” ungkapnya.
Selain itu,terdapat juga zat – zat narkoba baru hasil turunan dari zat Piparzine ,kata Dia,yaitu Metoksetamina, Bufedron, 4-Klorometkatinona, AH-7921, 4-MTA.
“Apabila dikonsumsi bisa merasakan euforia yang berlebihan, toksin, meningkatkan detak jantung dan berisiko menyebabkan kematian,” imbuhnya. #yto

x

Jangan Lewatkan

Kholid Sapa Warga OKUT Pantau Suasana Pergantian Tahun

Martapura, BP Segenap lapisan masyarakat OKU Timur diharapkan untuk meresapi dan merenungkan bersama kekurangan dan kelebihan yang telah diberikan oleh ...