Home / Pemerintahan / Kebijakan Presiden AS Langgar HAM

Kebijakan Presiden AS Langgar HAM

Jakarta, BP
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menegaskan,  kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump  melarang warga dari tujuh negara Islam masuk ke Amerika Serikat (AS)  bentuk pelanggaran hak asasi manusia (HAM).  Dalam konvensi internasional tentang kebebasan transportasi,  tidak boleh  negara  menghambat warga negara mana pun masuk ke negara lain selama itu memiliki dokumen  lengkap.
 “Itu yang diadopsi dalam UU Imigrasi.  Kebijakan tersebut sebagai bentuk kegelisahan Trump.  Amerika sebagai negara demokrasi  terlihat tenang, kini malah terguncang akibat kebijakan Trump,” ujar  Fahri Hamzah seusai menerima anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka dan serikat buruh di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (31/1).
 Menurut Fahri,  Amerika juga melakukan penyadapan besar-besaran terhadap warga negara lain. Penyadapan ini pun bentuk kegelisahan yang  tidak bisa disembunyikan Donald.  “Kebijakan Donald secara langsung maupun tidak langsung  berdampak pada negara lain, termasuk Indonesia,” kata Fahri.
 Dia menambahkan,  Amerika negara  paling kuat dari segi militer dan ekonomi, sehingga Donald khawatir  berdampak ke mana-mana secara langsung maupun  tidak langsung.
Dikatakan,  Trump sebelumnya menandatangani perintah eksekutif untuk membatasi laju pengungsi dari sejumlah negara Islam ke AS. Trump yang sering menjanjikan langkah-langkah pemeriksaan ketat bagi imigran selama masa kampanye pemilu 2016 demi mencegah masuknya kelompok militan ke AS.
 Informasi dari  pejabat Gedung Putih menyebutkan, warga dari tujuh negara akan terdampak kebijakan Presiden Trump. Negara-negara itu adalah Iran, Irak, Suriah, Sudan, Libya, Yaman, dan Somalia.# duk
Baca:  DPR Seharusnya Jadikan Batam Kota Administratif
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Anak, Ipar, Keponakan dan Saudaranya Jadi Caleg Terpilih, Harnojoyo: Itu Khan Belum Pengumuman KPU

Palembang, BP Wali Kota Palembang Harnojoyo mengaku, selaku ketua partai Demokrat Palembang, masih menunggu hasil pengumuman dan penetapan kader Demokrat ...