Home / Budaya / Gending Sriwijaya Awali FestInFest

Gending Sriwijaya Awali FestInFest

Tari Gending Sriwijaya dari Palembang, Sumatera Selatan mengawali FestInFest di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (26/1).

Jakarta, BP

Tari Gending Sriwijaya yang dibawakan delapan penari dari Palembang, Sumatera Selatan mengawali perhelatan Festival Indonesia Festival (FestInFest) yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (26/1).

Acara yang dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya ini selain dihadiri oleh pejabat di lingkungan Kemenpar, juga dihadiri Walikota Palembang Harnojoyo dan sejumlah Kepala Dinas Pariwisata se Indonesia di antaranya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga, Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaeni Madan, serta Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Teguh.

Baca:  Disbudpar Sumsel Tampil Beda Setiap Selasa

Panitia Penyelenggara Budayawan Taufik Rahzen yang juga staf khusus Menteri Pariwisata Bidang Kebudayaan mengatakan, Festifal Indonesia Festifal yang digelar pertama kali ini nantinya akan terus diselenggarakan setiap minggu ke 4 pada awal bulan, bertujuan untuk  menghimpun berbagai potensi, pengalaman, dan kerja sama festival di seluruh Indonesia agar bisa terselenggara secara efektif, semarak, dan berdaya guna.

“Jadi lewat festival ini para penyelenggara festival dipertemukan untuk bertukar pengalaman sehingga festival menjadi ajang bertukar gagasan,” paparnya.

Baca:  Olahraga Gembira Ala Disbudpar Sumsel

Menurut Taufik, kenapa dipilih Palembang untuk menjadi tuan rumah pertama acara ini karena Palembang akan menjadi  Tuan Rumah Indonesia Culture Asiade Festival pada bulan Agustus mendatang, serta bersama Provinsi DKI Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games di tahun 2018.    Sejumlah agenda yang diselenggarakan dalam festival ini di antaranya Pameran Produk Budaya dan Wisata, Seminar, Dialog Budaya, Pemutara Film, Kuliner, serta mini karnival.

Sementara itu Menpar Arif Yahya dalam sambutanya mengatakan, wisatawan mancanegara datang ke Indonesia 40 persen karena budaya dan apabila budaya dilestarikan maka akan mendatangkan kesejahteraan, oleh karena itu dia menyambut baik penyelenggaraan festival ini. Karena apabila budaya dilestarikan maka akan menaikkan indek kebahagiaan yang pada akhirnya akan berdampak pada kesejahteraan.  Jadi dalam setiap penyelenggaraan festival Menpar mengharapkan ada nilai ekonomi yang bisa dihasilkan.

Baca:  Tarian Palembang Darussalam Tambah Khasanah Tari Sumsel

Dalam kesempatan itu Menpar juga menawarkan kepada daerah untuk menyelenggarakan kegiatan Indonesia Festival Week di Balairung Soesilo Soedarman secara bergantian setiap minggunya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga yang juga hadir sebagai pembicara pada acara seminar menyambut baik tawaran Menteri Pariwisata tentang penyelenggaraan Indonesia Festival Week, oleh karena itu pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.#rel

x

Jangan Lewatkan

Kebijakan Setengah Hati, Teknologi Rumah Kayu Terpinggirkan

Jakarta, BP–Arsitek Senior dan pengamat tata kota Universitas Trisakti Nirwono Joga mengatakan, sudah saatnya teknologi kayu mendapat tempat dalam lansekap ...