Home / Pemerintahan / Wacana Penghapusan Ambang Batas Sesuai UUD

Wacana Penghapusan Ambang Batas Sesuai UUD

Zulkifli Hasan

Jakarta, BP

 Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan,  wacana   penghapusan ambang batas presiden atau presidential treshold (PT)  menjadi nol persen  (0 %) mesti dikaji lebih mendalam. Kalau usulan   itu diterima, setiap parpol  berhak  mengusung calon presiden (Capres) pada  Pilpres 2019 .
 “PT nol % itu bagus. UUD kan telah mengatur bahwa capres diusulkan partai politik. Saya kira usulam PT nol persen bagus dan sesuai undang-undang dasar.  Tapi, kita lihat perkembangan lebih lanjut,” tegas Zulkifli usai melantik 9 anggota MPR RI PAW di Gedung MPR RI Jakarta, Rabu (11/1).
Menurut  Zulkifli,  sesuai dengan prinsip demokrasi. Yang dipilih  rakyat, berhak duduk di DPR RI maupun Presiden RI. Jangan yang tidak dipilih rakyat duduk di DPR/MPR RI. “Kalau membatasi boleh dan itu dilakukan  fraksi-fraksi di DPR RI. Jadi, PT itu tak perlu diabatasi,” tambah Zulkifli.
Zulkifli menambahkan,  wacana penghapusan ambang batas parlemen   sudah ditiupkan sejak lama dan sedang digodok di Pansus RUU Pemilu.  Hal itu dimaksudkan agar tidak ada partai tersisih dari DPR pada Pemilu 2019.
 Sekretaris FPAN DPR RI Yandri Susanto mengatakan,   wacana tersebut sudah dimasukkan dalam daftar inventaris masalah (DIM). PAN berharap semua yang ikut pemilu diikutsertakan dalam penghitungan jumlah kursi, agar tidak  ada kursi yang dihilangkan.
 Wakil Ketua Komisi II Ahmad Riza Patria menyebut ketentuan mengenai PT DPR RI maupun ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) harus dihapus dari UU Pemilu. Karena pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) digelar serentak pada 2019. “Mengingat pileg  serentak dengan pilpres, idealnya PT DPR dan PT Capres tidak perlu lagi,” kata Riza. #duk
Baca:  Cap Go Meh Bukti Indonesia Bangsa Toleran
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Anak Buruh, Raih Peringkat Satu UN

Palembang, BP  Sesuai dengan visi menjadi sekolah pencetak pemimpin masa depan Indonesia yang kompeten, berkarakter dan berwawasan global, SMAN Sumatera ...