Home / Headline / Empat Motif Songket Hiasi LRT

Empat Motif Songket Hiasi LRT

Kepala Disbudpar Sumsel Irene Camelyn Sinaga

Palembang, BP — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan telah mengajukan empat motif songket untuk ornamen-ornamen pada pembangunan Light Trail Transit (LRT) di kota Palembang beberapa waktu lalu.

“Kita hanya memberikan masukan karena pihak PT Waskita Karya  yang minta ke kita dan kita tidak tahu ornamen songket ini apakah akan dipasang di dinding LRT atau di tiang LRT, itu wewenang pihak PT Waskita,” kata Kepala Disbudpar Sumsel Irene Camelyn Sinaga, Selasa (10/1).Empat motif songket tersebut yang diusulkan pihaknya menurut Irene adalah Pucuk Rebung, Bungo Cino, Bagi Besaung dan Bintang Coketan.

Baca:  Songket Pecahkan 4 Rekor MURI

“Finalnya, Rabu (11/1) ini karena besok kami akan bertemu dengan PT Waskita membahas ini dan dari empat motif itu pihak Waskita akan pilih satu motif songket,” katanya.

Ornamen lokal yaitu songket dipakai untuk LRT menurutnya supaya masyarakat Sumsel terutama Palembang mengetahui jatidirinya. Seperti corak songket yang menunjukkan ciri khas daerah Sumsel.

Baca:  Songket dan Kuliner Fokus Industri Kreatif Palembang

Akhir Januari 2017 mendatang, Bandara International Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang akan memulai pengerjaan pengembangan bandara yang merupakan kebanggaan masyarakat Sumsel tersebut. Hal ini terkait dengan penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018 di kota Palembang.

General Manager Bandara SMB II Iskandar Hamid menjelaskan, berbagai persiapan yang dilakukan PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola bandara antara lain re-layout atau penataan ulang bandara.

Baca:  Hj Eliza Alex dan Obsesi Menjadikan Songket Warisan Dunia

Selain itu, AP II juga melakukan pembangunan skybridge untuk menghubungkan antara bandara dengan terminal LRT (Light Rail Transit) jalur Bandara-Jakabaring.

Skybride yang akan dibangun akan memiliki corak budaya songket khas Palembang.

Pihaknya juga akan memperluas area yang ada, baik di (terminal) kedatangan maupun keberangkatan. Sehingga penumpang bisa lebih leluasa, terutama di boarding lounge.

Iskandar mengungkapkan, pihaknya juga akan mengoptimalkan beberapa bagian dari Bandara SMB II.#osk

 

x

Jangan Lewatkan

Napi Kasus Pembunuhan Meninggal Dunia

Lubuklinggau, BP–Diduga karena serangan jantung, Nasip (35), narapidana kasus pembunuhan yang kini mendekam di Lapas Kelas IIA Kota Lubuklinggau meninggal ...