Home / Headline / Kebagian Rp2 M dari APBD Untuk Bangun Kampung Al Munawar

Kebagian Rp2 M dari APBD Untuk Bangun Kampung Al Munawar

Palembang, BP
        Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan

20161127_1530520

Suasana pelepasan balon dalam acara Alsa Care Potencial Development Of Religious Tourism Of Al Munawar Village, Minggu (27/11), di kampung Al Munawar, Palembang.

membangun pariwisata salah satu unsur yang dibutuhkan komunitas.

        “Sebagian sudah mewujudkannya dengan membuat komitmen bersama komunitas-komunitas untuk membangun pariwisata di Sumsel,” kata Irene saat memberikan sambutan dalam acara Alsa Care Potencial  Development Of Religious Tourism Of Al Munawar Village, Minggu (27/11), di kampung Al Munawar Palembang.
          Irene mengaku sudah membangun dua tahun membangun kampung Al Munawar bersama masyarakat sehingga yang dibangun ini sesuai dengan keinginan masyarakat, masyarakat menginginkan wisata religi, wisata harmoni, wisata tradisi yang mengakar ratusan tahun.
          “Semoga pembangunan di kampung Al Munawar selesai akhir Desember dan kita bisa merasakannya,” katanya.
          Dan dana masuk untuk membangun kampung Al Munawar sejak tahun 2016 dari APBD Sumsel mencapai Rp2 miliar.
          “Tahun depan  kita menggarkan lagi untuk Al Munawar, kalau untuk APBN kami tidak lakukan fisik tapi pembinaan peningkatan sumber daya masyarakat,” katanya.
          Selain itu menurutnya ketika mengembangkan satu  pariwisata ada satu story telling yang bisa dikembang dengan banyak inovasi.
“Ketika ada puluhan atau ribuan komunitas yang membangun komitmen tidak hanya hari ini , besok dan seterusnya bersama-sama membangun, pariwisata itu NKRI, pariwisata itu tidak memiliki batas wilayah, pariwisata itu harus dikembangkan dengan hati dan kecintaan,” katanya.
          Pihaknya menunggu peran serta komunitas anak muda Sumsel untuk bersam-sama bahu membahu membangun Sumsel,” Kalau dulu Kerajaan Sriwijaya dikenal lebih dari batas wilayah nusantara kenapa tidak saat ini kita mulai dari Kampung Al Munawar, Kampung Kapitan, Kampung Firma dan banyak kampung-kampung lain,” katanya.
          Kadinkes Sumsel Dra Lesty Nurainy, Apt, MKes mengapresiasi kegiatan tersebut.
    “Kita masuk dengan wisata sehat dengan membantu dengan membangun klinik Asyifa itu menjadi klinik pratama berkerjasama dengan BPJS, selain itu kami mengajak membangun keluarga sehat dimana-mana yang pertama -tama 12 indikator sehat kita masukkan di sini , karena disini kawasan tanpa asap rokok , tidak ada narkoba disini, semuanya hidup bersih sehat  yang ada bayi dapat asi ekslusif, hidup dengan olahraga yang cukup, makan sayur yang cukup, semuanya dilakukan disini , dan ini kita menggaet puskesmas dan puskesmas sudah masuk di sini membantu kita semua untuk mewujudkan  keluarga sehat dengan mahasiswa akan lebih cepat lagi dimana satu mahasiswa membina satu keluarga menjadi keluarga sehat, ini contoh nyata daripada gerakan masyarakat bersama,” katanya.
Sedangkan Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Fahlevi Maizano SH MH mengatakan kalau Kampung Al Munawar tidak bisa dipisahkan dari perkembangan Islam di Sumsel terutama di Palembang terutama pada masa pemerintahan Kesultanan Palembang Darusalam.
        “Di sini kekerabatannya cukup kuat, kekerabatan ini harus di jaga bukan hanya tapi juga khasannya yang harus di jaga, ini sangat tepat Al Munawar dijadikan percontohan yang pertama kali potensi di gali dan potensi ini di lihat adik-adik Alsa yang saya pikir ini sangat menarik dan saya menaruh hormat  adik-adik Alsa kalian memiliki semangat untuk itu, Alsa melihat Munawar tidak hanya secara lokal tapi berpikir secara nasional  dan internasional dengan membuka web site Asia “ Law Student Asociation” tentunya ini memiliki jaringan yang luas ,  bagaimana kalian mengemasnya  Web Site itu apa kelebihan Al Munawar apa yang perlu diangkat Al Munawar ini nah inilah kerja yang harus kalian lakukan dan kampung-kampung, coba kalian coba gali ,” katanya.
        Menurutnya Komisi V DPRD Sumsel dengan Kadisbudpar Sumsel melalui rencana induk pariwisata Sumsel dimana kampung  Al Munawar ditetapkan sebagai destinasi wisata tentunya dalam hal ini semua tidak lepas dari keterkaitan komponen masyarakat dan pemprov Sumsel untuk bersama-sama membangun destinasi ini.
        Anggota Komisi V DPRD Sumsel Holda Msi mengatakan kalau pengembangan pariwisata harus dikembangkan dulu sumber daya manusia (SDM) dan mahasiswa sudah memulai dan bagaimana pemerintah mendukung ini semua.
        “Kalau mahasiswa semangatnya luar biasa, masyarakat semangat luar biasa tanpa dukungan pemerintah tidak akan menjadi luar biasa, jadi pemerintah harus ikut semangat jangan setengah hati, kami DPRD Sumsel ikut merasakan aspirasi  diinginkan masyarakat bagaimana tapi ini tidak mulai dari perencanaan pemerintah sudah mengawal ini semua, didukung DPRD Sumsel terutama ketua Komisi V DPRD Sumsel, apalagi Sumsel ditetapkan sebagai Kota wisata olahraga internasional  dengan pembangunan LRT yang luar biasa akan mengundang pariwisata datang ke Sumsel ,” katanya.
        Menurutnya Al Munawar tidak akan maju tanpa peran serta semua pihak sehingga perlu sinergitas dalam membangun Al Munawar agar lebih dikenal sebagai destinasi wisata.
        Sedangkan sesepuh masyarakat Al Munawar Ahmad Husin Alkaf mengharapkan bantuan pemerintah ada dana pemeliharaan tiap tahun bagi kampung Al Munawar.
        “ Untuk memelihara sesuatu harus ada ada itu saja tidak ada yang lain,” katanya.
        Apalagi yang menghuni di kampung Al Munawar sudah sampai keturunan ke tujuh.
        Ketua Panitia Kegiatan Alsa Care, Muhammad Brilyan Alvayedo mengatakan kalau kegiatan yang dilakukan ini tidak lain sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap pariwisata di Sumsel terutama kampung Al Munawar.
          Diakhir acara dilakukan penandatanganan bersama dan pelepasan balon yang diikuti semua para undangan. #osk
 
Baca:  Promosikan Sumsel Ke Kancah Dunia Lewat OBOROT
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Harapkan Puskesmas di Sumsel Harus Aktif Jemput Bola

Palembang, BP Sejak program jaminan kesehatan yakni BPJS diterapkan di Indonesia, masih banyak masyarakat di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang ...