Home / Headline / Libur Lama Bisa Jadi Masalah

Libur Lama Bisa Jadi Masalah

197112_heroaPalembang, BP

Sriwijaya FC sebaiknya belajar dari putaran pertama kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, bila tidak mau keluar dari jalur juara.

Tim besutan Widodo Cahyono Putro tampil meyakinkan di awal kompetisi. Mereka menahan imbang Persib 1-1 (30/4) dan Persiba 0-0 (6/5), mencukur Madura United 5-0 (15/5), menekuk Bhayangkara 1-0 (22/5), menahan imbang Mitra Kukar 0-0 (29/5), menang dari PSM Makassar 1-0 (18/6), mencuri tiga poin dari Persija dengan skor 3-0 (24/6). Terakhir menekuk Persipura 1-0 (3/7).

Performa SFC menurun drastis tepat usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri. Dimulai dari kekalahan 1-2 dari Semen Padang (15/7), ditahan imbang tim juru kunci TSC Persela Lamongan di depan pendukung sendiri 2-2 (21/7). Inkonsistensi kemudian ditunjukkan seusai dua laga tersebut.

Baca:  SFC Akan Bertemu Pemuncak Grup A dan C

Berkaca dari putaran pertama inilah, sebaiknya pelatih dan manajemen SFC mengambil keputusan yang bijak terkait libur pemain guna menjaga performa Laskar Wong Kito. Jangan sampai permainan tim menurun seperti pada putaran pertama karena libur Lebaran. Waktu latihan yang singkat pasca itu belum cukup efektif memperbaiki performa tim.

Seperti diketahui, layaknya putaran pertama, di awal putaran kedua ini SFC tampil sangat sempurna. Supardi Cs menekuk Persiba Balikpapan 3-1 (3/9), libas Persib 3-0 (10/9) dan menekuk Madura United 5-2 (14/9). Jangan sampai hasil ini ternoda di laga berikutnya karena terlalu lama berlibur.

Baca:  Curi Ilmu dari Sang Idola

Tapi tampaknya Widodo sudah memikirkan hal itu. Terbukti pelatih berusia 45 tahun ini bersama jajaran manajemen tengah menggodok rencana untuk melakukan pemusatan latihan. Widodo menyebut ada beberapa opsi yang sudah disiapkannya terkait rencana pasca libur ini.

“Ada dua pilihan. Pertama, kita siapkan TC di sela masa libur nanti. Bagaimanapun, kita tetap harus melakukan persiapan untuk laga melawan Pusamania Borneo FC nanti,” jelasnya.

Baca:  Hadapi PSM, SFC Boyong 20 Pemain

Ia memilih Kota Solo atau Yogyakarta cukup ideal sebagai lokasi TC. “Namun itu baru rencana. Kita juga pikirkan opsi lain. Saya sendiri berharap para pemain tetap terjaga performanya walau kini menjalani masa libur,” ujar pelatih asal Cilacap ini.

Pertandingan berikutnya menghadapi Bhayangkara FC di Jakabaring baru akan berlangsung pada 2 Oktober 2016, tepatnya usai pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional 2016 di Jawa Barat. Lantaran laga itu masih lama, manajemen SFC memutuskan untuk meliburkan skuad. # zal

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Penjaga Malam Ditemukan Tewas Dengan Luka Tusuk

Palembang, BP Seorang penjaga malam, Indra Cahya,(35)  warga Jl. KH Wahid Hasyim Lorong Terusan Palembang ditemukan tewas dengan luka tusuk ...