Home / Headline / DPR Lakukan Uji Kelayakan Terhadap BG

DPR Lakukan Uji Kelayakan Terhadap BG

2f48edc2-4bbe-4182-bf23-bedb7a1d7845_169Jakarta, BP
Anggota DPR RI Syaifullah Tamliha mengatakan, Komisi I DPR RI segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Komjen Budi Gunawan (BG) setelah menerima surat dari Presiden Joko widodo.”Uji kelayakan diprediksi  berjalan lancar karena hampir semua fraksi mendukung Budi Gunawan sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso,” ujar Syaifullah di Gedung  DPR, Senin (5/9).
 Menurut Syaifullah, surat presiden untuk penggantian jabatan Kepala BIN tersebut dibacakan  Selasa (6/9)  oleh pimpinan DPR dalam rapat paripurna DPR RI. Selanjutnya Komisi I akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan, Rabu (7/9) sesuai pernyataan  Ketua DPR RI  Ade Komarudin pekan lalu.
“Proses pemberian pertimbangan calon Kepala BIN diharapkan berlangsung cepat. FPPP berharap  Rabu, (7/9)  dilakukan fit and proper test terhadap Komjen Budi Gunawan agar  proses Kepala BIN yang baru bisa dibawa ke Paripurna DPR,” kata Syaifullah.
Dkatakan, Komisi I DPR  akan memberikan pertimbangan ke Presiden Jokowi, bukan persetujuan. Seperti uji kelayakan Kapolri yang  pernah diikuti  Budi Gunawan  di Komisi III DPR, Presiden tidak wajib mengikuti pertimbangan yang diberikan  DPR. Saat itu Komisi III setuju Komjen BG menjadi Kapolri, namun Presiden berpendapat lain,” tegasnya.
Untuk saat ini kata Tamliha, Komisi III  yakin proses uji kelayakan dan kepatutan BG di DPR juga berlangsung lancar. Soalnya, hampir  semua fraksi sudah memberi pernyataan dukungan. #duk
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Pasang Patok Tapal Batas Muaraenim-Lahat

Muaraenim, BP–Puluhan warga Kelurahan Tungkal yang tergabung dalam Himpunan Keluarga Tungkal (HKT), Kecamatan Kota Muaraenim, Kabupaten Muaraenim, memasang patok tapal ...