Home / Headline / SFC Sering Lupakan Pertahanan

SFC Sering Lupakan Pertahanan

3681019A00000578-0-image-a-48_1469193147307

SFC saat menjamu Persela di Stadion Sriwijaya, Jakabaring.

Palembang, BP

Hasil mengecewakan diraih Sriwijaya FC (SFC) saat ditahan imbang Persela Lamongan dengan skor 2-2. Lemahnya koordinasi dan kerja sama di sektor pertahanan, menjadi penyebab Laskar Joko Tingkir mampu mencetak gol kedua ke gawang Yogi Triatna.

Ya, melalui serangan balik cepat, pemain pengganti Victor Pae mampu menjebol gawang SFC pada menit 83. Gol tercipta karena Zalnando yang beroperasi di sektor kiri lambat turun. Celakanya, posisi Anak Agung Ngurah Trisnajaya dan Mauricio Leal terlalu maju dan tidak mampu menutup pos kiri yang ditinggalkan Zalnando. Dengan mudah Victor Pae mampu menceploskan bola ke arah kanan gawang Yogi Triatna.

Baca:  Pemain Muda Lebih Percaya Diri

Persoalan ini yang juga dikeluhkan Pelatih SFC Widodo C Putro. Menurutnya, tidak ada keseimbangan permainan saat pemain belakang ikut membantu serangan. Padahal, saat ada posisi yang kosong, pemain lain harus menutupinya.

“Pemain yang sering membantu serangan sering telat untuk kembali ke posisinya sehingga areanya kosong dan mampu dikuasai pemain Persela. Kondisi ini harusnya tidak terjadi. Pemain harus konsisten pada posisinya,” kata Widodo, Jumat (22/7).

Baca:  Cemas Tunggu Nasib

Dikatakannya, ketika SFC menyusun serangan, Eka Ramdani dan kawan kawan tidak boleh melupakan pertahanan. Kondisi ini sering dilakukan sehingga pemain kewalahan saat mendapat serangan balik cepat. Makanya, dibutuhkan kerja sama dan kesabaran dalam membangun serangan.

“Saat pemain maju akan ada ruang kosong yang menjadi titik lemah dan kerap dimanfaatkan lawan. Kalau kita menyerang, maka ada space di sektor belakang,” jelasnya.

“Kelemahan ini harus diperbaiki dan pemain harus tahu kapan harus ke depan dan kapan harus menahan bola. Bermain menyerang di laga kandang boleh saja asal tidak melupakan pertahanan,” beber mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Baca:  Ferdinand Ikut Latihan Bersama PSM

Selanjutnya, Laskar Wong Kito akan menjamu Perseru Serui pada lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC), di Stadion Gelora Srwijaya Jakabaring, Rabu (27/7). Melawan wakil Papua itu, Widodo menjanjikan akan melakukan penyegaran dengan merotasi beberapa pemain.

“Ada beberapa pemain yang terus bermain seperti Nanak sehingga perlu rotasi. Tidak ada yang disalahkan termasuk kekalahan atas Semen Padang lantaran pemain gagal menghalau bola. Kita akan melakukan latihan dan melakukan game sebelum menghadapi Perseru,” pungkas mantan pemain Timnas Indonesia tersebut.#fer

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pekan Pustaka Palembang, Pamerkan Koleksi Pustaka dan Manuskrip Kuno

Palembang, BP   TIGA perpustakaan di kota Palembang yaitu Perpustakaan Masjid Agung Palembang , Perpustakaan Umariyah dan Perpustakaan Al Washliyah memamerkan beragam koleksi pustaka ...