Home / Headline / Minum Air Musi, Mayjen Sudirman Disambut Pedang Pora

Minum Air Musi, Mayjen Sudirman Disambut Pedang Pora

kodamPalembang, BP
 
Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, SH, MM resmi diterima sebagai warga Kodam II Sriwijaya atau keluarga besar Kodam II Sriwijaya setelah dikukuhkan dalam suatu acara tradisi penyambutan Pangdam II Sriwijaya yang baru, Rabu (13/7), di halaman Makodam II Sriwijaya di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Palembang.
Acara tradisi penerimaan Pangdam II Sriwijaya beserta istri diawali dengan pengalungan bunga oleh Kasdam II Sriwijaya  Brigjen TNI Marga Taufiq, SH, MH dan pemberian bunga tangan oleh istri Kasdam II Sriwijaya Ny Arnida Taufik kepada Ny Lucy Lusfianti Sudirman di pintu depan gerbang masuk Markas Kodam II Sriwijaya.
Selanjutnya, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, SH, MM menerima laporan dan penghormatan dari pos jaga dan jajaran kehormatan piket jaga keamanan Kodam II Sriwijaya.
Mayjen TNI Sudirman didampingi istri lalu disambut dengan tradisi pedang pora yang dilakukan oleh para komandan batalyon dan komandan Kodim satuan jajaran Kodam II Sriwijaya, dengan iringan lagu ucapan selamat datang Pahlawan Muda yang dinyanyikan oleh para prajurit dan PNS Kodam II Sriwijaya.
Setelah melewati jajar pedang pora dan tiba diteras Makodam II Sriwijaya, Pangdam II Sriwijaya dengan didampingi istri disambut oleh Kasdam II Sriwijaya  beserta istri melakukan pengisian buku tamu sebagai warga baru Kodam II Sriwijaya.
Selanjutnya Mayjen TNI Sudirman dan istri melaksanakan acara tradisi minum air sungai Musi yang dituangkan dalam poci terbuat dari tanah liat yang melambangkan bahwa dirinya beserta istri resmi telah diakui sebagai warga Kodam II Sriwijaya  yang memiliki ikatan batin yang kokoh dan kuat dengan satuan dan masyarakat di Bumi Sriwijaya. Air Musi bermakna satu tanah air, satu nusa, dan satu bangsa.
Selanjutnya dilakukan penciuman Pataka Kodam II Sriwijaya “Patah Tumbuh Hilang Berganti”, oleh Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman dengan iringan Puisi.
Usai tradisi penciuman Pataka, Mayjen TNI Sudirman beserta istri menerima ucapan selamat datang dari para pejabat teras jajaran Kodam II Sriwijaya beserta Pengurus Persit PD II Sriwijaya . Selanjutnya menuju ruangan kantor Pangdam II Sriwijaya untuk menerima ucapan selamat dari mantan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson, SIP beserta istri.
Pada kesempatan tersebut kedua Jenderal bintang dua ini melakukan foto bersama dan salam komando, yang diabadikan oleh para awak media baik online, cetak dan media elektronik lokal maupun nasional.
        Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.M mengatakan kalau dia kembali ke Palembang dengan jabatan sebagai Pangdam II Sriwijaya.
        “ Saya menjadi warga Sriwijaya, terima kasih atas pengadian bapak Purwadi Mukson dan kami berusaha melakukan segala usaha-usaha yang bapak lakukan selama ini dalam rangka memajukan Kodam II Sriwijaya untuk pengabdian kepada bangsa dan Negara,” katanya.
        Mengenai  masalah kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sumsel dia mengaku akan mempelajarinya.
“Sebagai pejabat baru pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu kondisi wilayah Sumsel, “ katanya.
Memang, lanjut dia, kebakaran hutan dan lahan sudah menjadi kewajiban bersama untuk diantisipasi. Sebagai Pangdam yang akan melaksanakan tugas  maka sudah seharusnya melakukan pencegahan.
Memang, lanjut mantan Danrem 044/Garuda Dempo itu, pihaknya pernah bertugas di Sumsel sebagai Danrem.
Namun, lanjut dia, kemajuan daerah ini cukup pesat sehingga perlu mendalami kembali kondisi wilayah terutama Sumatera Bagian Selatan.
“ Kemajuan Sumsel pasti dalam kurun waktu empat tahun, pasti banyak kemajuan , perubahan kita lihat ditengah-tengah sedang ada pembangunan semoga segera selesai,” katanya.
        Untuk program jangka pendek pihaknya akan melakukan pengecekan internal Kodam II Sriwijaya dan baru mengambil langkah terbaik.#osk
Baca:  Gubernur Dampingi Panglima TNI Kunker ke Sumsel
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

ILUNI UI Sumsel Diskusikan Prospek Industri Migas

Palembang, BP Ikatan alumni (ILUNI) Universitas Indonesia (UI) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Nongkrong Berfaedah, Selasa (19/2) malam, di Gade Cafe, ...