Home / Headline / PNS Bolos Terancam Skors dan Potong TPP

PNS Bolos Terancam Skors dan Potong TPP

55aced51a81bb72d688b4568

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin

Gubernur Tekankan PNS Harus Disiplin

Palembang, BP
Puluhan pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang membolos pada hari pertama pasca cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1437 H terancam mendapatkan sanksi. Skorsing hingga pemotongan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) menunggu mereka ketika masuk kerja kelak.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menegaskan, pegawai yang tidak masuk kerja tanpa alasan pasti akan disanksi. Saat ini pihaknya masih mendata para PNS yang tidak masuk pada hari pertama tersebut.

“Namun untuk pegawai yang izin, sakit dan dinas di luar tidak masalah. Seperti Asisten II Setda Pemprov lagi di Singapura,” tuturnya saat Halal bi Halal bersama PNS Pemprov Sumsel di Griya Agung, Senin (11/7).

Alex mengajak seluruh PNS Pemprov Sumsel agar bekerja semakin giat dan keras untuk membawa Sumsel semakin maju. Menurut Alex, diperkirakan APBN tahun depan tidak terlalu baik maka akan ada efisiensi di seluruh daerah. Oleh karena itu, para PNS harus menjaga kinerja hingga proyek-proyek yang ada di Sumsel tetap terus berjalan.

Baca:  Alex Palingkan Perhatian Dunia ke Sumsel

Alex mengungkapkan, infrastruktur yang ada saat ini masih belum aman, oleh karena itu PNS harus membantu menjaga dengan cara bekerja yang baik. Menurutnya, Sumsel memiliki kuncinya yakni Asian Games dengan visi untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di Sumsel.

“Untuk itu, Asian Games harus didukung penuh seluruh lapisan masyarakat. Sejauh ini 8.000 lebih PNS di Sumsel sudah menunjukkan kerja yang baik dengan menjadikan Sumsel menjadi provinsi terkemuka di Indonesia,” imbuhnya.

Sebagai aparatur pemerintah, Alex menambahkan, tugas dan tantangan ke depan akan cukup berat terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan SDM khususnya masyarakat pedesaan di Sumsel.

“Kita harus tetap berkonsentrasi dan fokus pada berbagai agenda pembangunan yang ditetapkan dan yang sudah direncanakan. Penghormatan terhadap pimpinan adalah suatu etika. penghargaan bukan hanya pemberian parsel atau lainnya. kita ini terlalu banyak libur dan banyak toleransi,” tegasnya.

Baca:  Pastikan Guru SMA/SMK di Sumsel Gajian

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki menjelaskan, aturan bagi para pegawai sudah jelas dan mereka pun sudah diingatkan agar masuk pasca libur panjang. “Secara lisan sudah sering diingatkan bahkan sebelum lebaran bahwa hari Senin harus masuk kerja. Tapi masih ada pegawai yang tidak masuk kerja,” ungkapnya.

Ia menyebut, lantaran sudah diperingatkan secara lisan namun masih ada yang tidak kerja, maka pegawai akan diperingatkan secara tertulis (teguran tertulis). “Mereka (pegawai-red) akan dipanggil untuk di mintai keterangan alasan. Kalau alasan tidak masuk akal akan diusulkan agar TPP-nya di potong,” beber dia.

Sebaliknya, kata dia, jika kesalahan tersebut berulang dilakukan. Maka ada aturan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tentunya sanksinya tidak main-main.

“Saat ini, Sekda sedang mengumpulkan data PNS dari setiap SKPD. Kalau memang ada PNS yang tidak masuk dengan alasan serupa dan berulang, bukan tidak mungkin di pecat,” tukasnya.

Baca:  Pemprov Apresiasi Insan Olahraga Berprestasi

Sekretaris Daerah Pemprov Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan, total pegawai di lingkungan pemprov berjumlah 8.275 orang. Dari jumlah itu hampir seluruh pegawai masuk. Diakuinya, hanya satu persen atau 83 pegawai yang tidak masuk kerja dengan alasan sakit dan dinas di luar kota.

Menurut Mukti, kinerja dan tingkat kedisiplinan pegawai sudah cukup baik. Bahkan, dirinya sangat mengapresiasi. Pasalnya, ada pegawai yang tetap masuk kerja meski libur seperti tim Bulog yang bertugas mengendalikan harga dengan melakukan operasi pasar.

Terkait masalah keamanan, Mukti Sulaiman mengungkapkan, selama bulan Ramadan sampai saat ini di Sumsel tidak ada gangguan yang berarti baik di masyarakat maupun dilingkungan Pemda. “Masalah keamanan tidak ada gangguan baik di masyarakat maupun lingkungan Pemda,” pungkasnya. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bupati OKU Terima Penghargaan AMPL Award Sriwijaya

Baturaja, BP — Bupati OKU Drs H Kuryana Azis menerima piala penghargaan peringkat pertama dalam penganugerahan Air Minum dan Penyehatan ...