Home / Headline / Penembak Jitu Disebar di Jalur Rawan Pagaralam

Penembak Jitu Disebar di Jalur Rawan Pagaralam

apel-siaga-brimob_3090_lPagaralam, BP
Guna menciptakan  kelancaran dan keamanan para pemudik, Polres Pagaralam menyiagakan lima posko pengamanan mudik lebaran di beberapa titik rawan.

Kapolres Pagaralam AKBP Pambudi, kemaren, mengungkapkan selain posko pengamanan pihaknya juga menyiagakan  pasukan penembak jitu atau sniper di jalur-jalur rawan, sehingga para pemudik merasa aman dan nyaman dalam melintas.

“Disebarnya para sniper di beberapa titik rawan, mengantisipasi tindak kejahatan yang dapat saja terjadi. Kita menerapkan keamanan maksimal dalam menjamin kelancaran para pemudik. Sengaja ditempatkan para penembak jitu di beberapa jalur rawan, seperti jalur rawan bencana, rawan kecelakaan, dan rawan kriminalitas,”ungkap Pambudi.

Para sniper dari Satuan Sabhara disebutkannya sebanyak 13 orang,  mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Tembak di tempat bagi para pelaku kejahatan yang beraksi. Semoga saja dengan adanya para sniper ini, tidak ada penjahat yang coba-coba beraksi,” tegasnya.

Baca:  30 Persen Jalur Mudik Sumsel Rusak Berat

Kasatlantas AKP Zaldi menambahkan, keamanan dan kenyamanan arus lalu lintas pada mudik lebaran tahun ini, Kepolisian Resort Pagaralam bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, SatPol PP, Dinas Kesehatan juga TNI, membentuk lima posko pemandu. Posko-posko tersebut akan dijadikan posko terpadu. “Didirikan di titik keramaian dan di titik masuk kota di perbatasan,” ujarnya.

Lima posko tersebut didirikan pada H-7 lebaran dan berakhir sampai H+7 lebaran. Di antaranya di Terminal Perandonan gerbang masuk Pagaralam, di objek wisata Lematang Indah dan kawasan wisata Gunung Dempo, di simpang Manna atau Tegur Wangi sebagai pintu ke arah Provinsi Bengkulu, serta di kawasan Pasar Dempo Permai.
Selain itu, akan disiagakan dua unit mobil pengawalan cepat sebagai kendaraan operasional serta petugas yang bersiaga 24 jam penuh.

Baca:  30 Persen Jalur Mudik Sumsel Rusak Berat

“Kita telah klasifikasi kerawanan arus mudik. Pertama kerawanan lakalantas dan kemacetan, kedua rawan bencana alam, dan ketiga adalah rawan kejahatan,” terangnya.

Kepala SatPol PP Pagaralam Bhakti Nmenyatakan, kesiapan pihaknya membantu proses pengamanan lebaran tahun ini. Disiapkan personel di semua posko dan titik rawan, terutama di pusat keramaian.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Roshan YM mengatakan, pihaknya akan membantu kelancaran arus mudik dengan menyediakan tenaga medis dan kesehatan di lima posko tersebut. “Disediakan juga  ambulans untuk kelancaran evakuasi dan mobilitas kita RS terdekat jika keadaan mendesak,” katanya.

Baca:  30 Persen Jalur Mudik Sumsel Rusak Berat

Untuk rawan lakalantas dan kemacetan bisa dikatakan terdapat di sepanjang jalur mudik, terutama kemacetan di pasar-pasar tumpah. Selain mendirikan posko mudik, pihak Polres akan berkoordinasi dengan Dinas PU menyiagakan alat berat. Karakteristik Pagaralam yang berbukit-bukit, berpeluang besar terjadi longsor.

Terlebih lagi pada musim penghujan. Bukan hanya longsor, pohon tumbang dan minimnya rambu jalan juga harus diperhatikan para pengguna jalan. #dar

x

Jangan Lewatkan

UIN Raden Fatah Berduka

Palembang, BP Civitas akademika Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang berduka, salah satu dosen terbaiknya Drs. Kailani Mustafa, ...