Home / Sumsel / Dishubkominfo Sumsel Ingatkan Kerusakan Jalintim

Dishubkominfo Sumsel Ingatkan Kerusakan Jalintim

309526_12054502112015_nasrun_umar

Nasrun Umar

Palembang, BP

Kepala Dinas Perhubungan , Komunikasi Dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Sumatera Selatan telah mengingatkan Balai Besar Jalan Negara untuk segera memperbaiki jalan lintas timur (Jalintim) yang kondisinya masih rusak.
      “Saya sudah mengingatkan dengan surat satu bulan yang lalu dengan Puskesmas, dengan Badan Besar Jalan untuk memperbaiki jalan di Jalintim,” kata Kepala Dishubkominfo Sumsel H Nasrun Umar ketika ditemui di kantor DPRD Sumsel, Kamis (23/6).
      Karena untuk perbaikan jalan terutama jalan negara merupakan kewenangan pihak Balai Jalan Negara bukan kewenangan PU Bina Marga.
      “Dari sisi transportasi angkutan yang menjadi kewenangan kita kita sudah siap mengantisipasi jalan, untuk jalintim kita sudah menyiapkan rest area di jembatan timbang, aku sudah koordinasi dengan  Kadishub OKI, Kadishub OI, tentu kalau dilintas kabupaten mereka sudah berkoordinasi dengan polres masing-masing,” katanya.
      Menurutnya, hingga ini untuk kesiapan transportasi dia belum menerima laporan. Selain itu arus mudik lebaran tahun 2016 ini menurutnya diprediksi penurunan angkutan darat hingga 2,7 persen.
     “Perkiraan estimasi lonjakan penumpang untuk angkutan darat (AKAP dan AKDP terjadi estimasi penurunan sebesar 2,7 persen disebabkan peningkatan jumlah angkutan pribadi, peralihan penumpang angkutan darat ke moda angkutan lain seperti angkutan udara dan kereta api,” kata Nasrun.
      Sedangkan menurut Nasrun ,untuk angkutan kereta api estimasi peningkatan 4,6 persen terutama melayani rute Palembang-Lubuk Linggau dan Palembang –Kota Bumi-Bandar Lampung di mana kenaikan ini disebabkan adanya kereta api ekonomi lokal dan kemudahan akses pembelian dimana tiket online disetiap daerah yang terjangkau seperti di supermarket.
“Untuk angkutan udara estimasi peningkatan 7,6 persen namun ketersediaan seat masih mampu mengakomodir peningkatan, namun hal tersebut terbuktu dengan belum adanya penambahan extra flight,” katanya.
        Selain itu dengan 13 rute penerbangan  (asal tujuan Palembang) dan 59 penerbangan dalam satu hari yang dilayani oleh 9 Airlines yaitu Garuda, Lion Air, City Link, Batik Air, Nam Air, Susy Air, Express Air, Air Asia, Silk Air.
      Sedangkan untuk angkutan sungai, danau dan penyebrangan terjadi kenaikan 3 persen, hal ini diakibatkan angkutan lebaran bersamaan dengan libur sekolah, Pulau Bangka merupakan tujuan wisata.
Mengenai poko angkutan lebaran sendiri, Nasrun menerangkan akan terdapat posko pembantu, baik darat (5), sungai (6), Bandara SMB II Palembang, Stasiun Damri, Stasiun Kertapati, Pelabuhan Boombaru,  Pelabuhan Penyeberangan TAA, yang di mana pokso induk berada di kantor Dishubkominfo Sumsel, serta Dishub kabupaten/kota di Sumsel.
“Personel posko lebaran sekitar 650 personel, terdiri dari pegawai 332 PNS, dan 100 honorer. Sementara pegawai operasional sebanyak 120 PNS dan 70 honorer,” katanya.
Selain itu, terdapat juga 11 unit mobil derek, 7 unit mobil patroli, dan 7 unit kapal patroli yang disebar beberapa titik.#osk
Baca:  Pembangunan Jalan Penghubung Pulokerto-Sungai Rengas Terus Dikerjakan
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Catatan BPS, Nilai Ekspor Sumsel Turun 10,96 Persen

Palembang, BP Berdasarkan catatab Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel, nilai ekspor Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) periode Januari-September 2019 turun ...