Home / Sumsel / Ogan Komering Ulu Timur / Harga Telur Bebek Makin Meroket

Harga Telur Bebek Makin Meroket

bebek (1)

Ara, peternak bebek warga Kecamatan Bunga Mayang sedang memberi makan bebek piaraannya.

Martapura, BP
Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah harga telur bebek di Pasar Martapura, OKU Timur semakin meroket saja , sebelumnya Rp75 ribu per karpet, saat ini menjadi Rp90 ribu perkarpet. Tingginya harga telor bebek mengingat permintaan semakin tinggi sedangkan ketersedian maupun stok sedikit, kondisi ini memicu meroketnya harga telur bebek.

Jono salah seorang pedagang telur di Martapura, kemarin mengatakan jika sebelumnya harga telur bebek Rp75 ribu per karpet. Sekarang naik menjadi Rp90 ribu perkarpet. Lonjakan harga telur bebek ini tidak bisa dihindari mengingat menjelang Lebaran permintaan akan telur bebek sangat tinggi. Karena banyak warga yang akan membuat kue untuk Lebaran. Tingginya permintaan di pasaran tidak diimbangan dengan jumlah suplay maupun stok telur bebek.

“Sekarang permintaan telur bebek memang cukup tinggi sedangkan suplay telur bebek dari tingkat petani sangat sedikit. Jadi kami pedagang tidak bisa berbuat banyak hanya menunggu suplay yang ada,”ungkapnya.

Sedangkan jika jual butiran satu butir Rp3000, mengingat harga telor bebek ditingkat peternak sudah mencapai Rp2500 perbutir, sedangkan ongkos angkutan juga mengalami peningkatan.”Sebenarnya kita pedagang tidak ingin menaikkan harga tapi bagaimana lagi ongkos angkutnya juga sudah naik,”ujarnya.

Dikatakannya, telur bebek yang dijual pedagang di Pasar Martapura berasal dari peternak tradisional di Belitang. Meskipun sekarang susah mencari telur bebek tapi diperkirakan masih mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.
“Jika stok dari Belitang menipis biasanya pedagang mendatangkan telur bebek dari Lampung untuk memenuhi kebutuhan pembeli terutama pembuat kue. Pengrajin kue membuat kue sesuai pesanan, sebagian pembeli kue lebih memilih bahan bakunya dari telur bebek karena lebih lezat,” tuturnya.

Lanjutnya, untuk harga telur ayam negeri Rp42 per karpet mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp41 ribu per karpet. Meskipun tingkat permintaan telur ayam negeri tinggi, stoknya cukup.
“Telur ayam negeri yang kita jual berasal dari peternak di Palembang, untuk stok telur ayam negeri kita tidak khawatir,” tandasnya.

Sementara Tukimin ,salah seorang peternak bebek dari Belitang mengatakan, telur bebek yang dijual di Pasar di OKU Timur merupakan telur yang berasal dari peternak tradisional yang ada di Belitang dan sekitarnya.”Ada beberapa masyarakat yang memelihara bebek, untuk mendapatkan telur yang baik bebek itu diangon di sawah sehingga bisa mendapatkan pakan yang baik,”katanya.

Sudah hal biasa menjelang Idul Fitri harganya akan tinggi, karena masyarakat banyak yang membutuhkan. Peternak juga sampai kewalahan untuk memenuhi kebutuhan pasar. “Kita juga kesulitan untuk memenuhi permintaan pedagang, karena sulitnya mendapatkan telur bebek terpaksa kita membeli telur bebek ke peternak-peternak yang berada di daerah pedalaman,” imbuhnya. #yto

x

Jangan Lewatkan

Radikalisme, Pemahaman Tanpa Akal, Rugikan Banyak Pihak

Bupati Ajak Ulama Berantas Musuh Rakyat Martapura, BP Dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari sudah semestinya manusia saling mendengarkan dan mengingatkan ...