Home / Sumsel / Empat Lawang / Empatlawang Urus Kelengkapan Pencairan DD

Empatlawang Urus Kelengkapan Pencairan DD

Prioritas-Dana-Desa-2016-ilustrasiPalembang, BP
Beberapa kepala desa di Kabupaten Empatlawang berduyun-duyun mendatangi Kantor Pemkab Empatlawang, mempertanyakan Dana Desa yang tak kunjung cair. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Sumatera Selatan membenarkan desa di Kabupaten Empatlawang belum mendapatkan pencairan dana desa tahun ini.

Kabid Pemdes BPMPD Sumsel Pihrin mengatakan, belum cairnya dana desa tersebut dikarenakan Pemkab Empatlawang belum memberikan laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dana desa pada tahap ketiga tahun 2015.

“Memang ada sejumlah Kades di Empatlawang mempertanyakan kenapa belum cair dan ada Sekcam yang melaporkannya ke kita, dan kita berikan arahan,” ujarnya, Selasa (20/6).

Ia menjelaskan, Empatlawang memang belum melaporkan pertanggungjawaban secara administrasi pada tahap ketiga tahun lalu sehingga belum bisa dicairkan. Sebab dalam aturan, memang harus sudah lengkap dulu pertanggungjawaban dari tahun sebelumnya. Sehingga dapat diajukan atau dicairkan pada tahun selanjutnya.

Jadi, beberapa hal yang dapat dilakukan seperti melaporkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), dan terpenting laporan realisasi penggunaan dana desa.

“Jika proses administrasi itu sudah disampaikan maka kita juga berharap dana desa yang bersangkutan bisa segera cair. Dana diberikan sesuai dengan prosedur atau aturan berlaku melalui rekening kabupaten baru ke rekening desa sesuai tahapannya,” jelasnya.

Pihrin mengatakan, untuk jumlah alokasi Dana Desa di Kabupaten Empatlawang sebesar Rp93 miliar untuk 153 desa. Pembagian dana desa disesuaikan dengan jumlah penduduk, luas wilayah, kesulitan geografis, angka kemiskinan, dan lainnya. Persentase pembagian khusus sesuai dengan peraturan bupati dengan tinjauan tersebut.

Saat ini sudah ada surat edaran percepatan pencairan dana desa. Sehingga pihaknya berharap soal dana desa Empatlawang dapat segera diurus, dicairkan sehingga dapat segera dimanfaatkan bagi kepentingan desa.

Sebelumnya, Kepala BPMPD Sumsel Yusnin mengatakan, Dana desa yang diterima oleh 2.859 desa dari 14 kabupaten/kota di Sumsel sebesar Rp1.780.769.519.000 pada tahun 2016. Dari 14 kabupaten/kota di Sumsel, yang belum mendapatkan dana desa yakni di Empatlawang karena belum memberikan laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dana desa pada tahap ketiga tahun 2015.

“Kami sudah memberikan surat dari Gubernur Sumsel kepada Pemda Empatlawang agar mempercepat dalam menyelesaikan kendala pencairan dana desa itu. Saat ini Pemda Empat Lawang tengah mengurus dan memproses kelengkapan syarat pencairan dana desa,” ujarnya.

Sementara untuk daerah lainnya, seperti Lahat, Musi Banyuasin, Banyuasin, Musi Rawas, Muaraenim, OKI, OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Prabumulih, Ogan Ilir, Musirawas Utara, dan PALI sudah tersalurkan dan dicairkan proses dana desa. Bahkan sebagian besar sudah mulai melaksanakan pembangunan, khususnya pembangunan skala prioritas di desa tersebut.

Yusnin menjelaskan, berbeda dengan pencairan tahun lalu dimana ada tiga tahap pencairan 40 persen, 40 persen, dan 20 persen. Penggunaan dana desa 70 persen dikhususkan untuk pembangunan infrastruktur dan 30 persen untuk pembangunan yang berorientasi pada sosial ekonomi. #idz

x

Jangan Lewatkan

Tuntaskan Persoalan Keamanan Empat Lawang

Palembang, BP Bakal calon Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad. Politisi PAN ini berjanji akan menuntaskan persoalan keamanan ini dalam kurun ...