Home / Sumsel / Pagaralam / Tiga Nama Calon Sekretaris KPU Pagaralam Diajukan ke BKD

Tiga Nama Calon Sekretaris KPU Pagaralam Diajukan ke BKD

FOTO-ketua-kpu1Pagaralam, BP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam sudah menyampaikan permintaan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD), untuk memberikan tiga nama sebagai calon sekretaris. Hal ini menyusul ditariknya sekretaris sebelumnya, yakni Mastulah, ke Sekretariat DPRD (Sekwan).

Ketua KPU Kota Pagaralam Yenli Elmanoferi mengungkapkan, pihaknya hanya sebatas meminta nama untuk calon kepada BKD. BKD-lah yang punya kewenangan untuk menentukan siapa saja yang akan diusulkannya jadi calon sekretaris KPU. “Kalau dulu iya, kita yang mengusulkan tiga nama untuk jadi calon sekretaris ke BKD. Sekarang beda,” ucap Yenli ditemui, di kantor KPU, kemarin.

Dikatakan Yenli, setelah BKD menyampaikan tiga nama, KPU kota Pagaralam akan menggelar rapat pleno. Di dalam rapat ini, KPU akan  memberikan fit and propert test terhadap ketiga nama tersebut.

“Hasil dari fit and propert test berikut dengan catatannya akan kita sampaikan kepada KPU provinsi dan KPU RI,” katanya.

KPU Provinsi Sumatera Selatan kemudian meneliti berkas semua calon yang masuk. Lalu meneruskannya kepada KPU RI di Jakarta. Lembaga tertinggi ini kemudian akan menenetapkan satu nama dari tiga nama yang layak jadi sekretaris KPU Kota Pagaralam.

“Yang menenetukan nama yang jadi sekretaris KPU Pagaralam adalah KPU RI,” terangnya seraya mengatakan siapa saja pihaknya tidak tahu. Sebab, pihaknya belum mendapat informasi dari BKD. “Belum. Belum ada informasi ke kita. Kalau ada pasti kita beritahu,” katanya.

Lanjutnya untuk menjadi sekretaris KPU di antaranya minimal punya pengalaman jabatan eselon IV, pendidikan terakhir sarjana (S1), golongan minimal III D dan berumur maksimal 5 tahun. Dan diakuinya, persyaratan itu terpenuhi oleh banyak pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Pagaralam.

“Lurah, sekretaris dinas, Kepala Bagian, berpeluang jadi sekretaris KPU Pagaralam,” katanya.

Terpisah Kepala BKD Kota Pagaralam Imam Pasli menyampaikan, mengenai kandidat tiga nama bakal calon sekretaris KPU Kota Pagaralam yang akan disodorkan ke KPU Kota Pagaralam hingga kini masih dalam tahap pembahasan usulan.

“Kami belum bisa menyembutkan siapa saja nama yang masuk kandidat calon Sekretaris KPU Kota Pagaralam, akan dicarikan yang terbaik dan secepatnya akan dibahas paling tidak harus memenuhi syarat salah satunya wajib memiliki pangkat ASN IIId,” katanya.#dar

x

Jangan Lewatkan

Pendaki Tergelincir di Kawah Dempo

Pagaralam,BP–Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kemaren musibah naas menimpah seorang pendaki asal Kabupaten Lahat, pedaki Gunung tertinggi di Sumatera Selatan ...