Home / Headline / DPR Segera Proses Komjen Tito Sebagai Kapolri

DPR Segera Proses Komjen Tito Sebagai Kapolri

Komjen-Tito-KarnavianLqo8N.th

Komjen Pol Tito Karnavian

Jakarta, BP

Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) menegaskan Presiden RI Jokowi mengajukan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR RI, untuk menggantikan Komjen Pol Badrodin Haiti yang akan memasuki  masa pensiun  Juli 2016.
”Saya bertemu dengan Mensesneg sekitar jam 11.00. Beliau menyampaikan surat presiden yang isinya  mengajukan satu calon pengganti Badrodin Haiti yaitu  Komjen Pol Tito Karnavian,” tegas Ade Komarudin kepada sejumlah wartawan di sela-sela kunjungan kerja di  stasiun Kereta Api (KA) di Gambir,  Jakarta,  Rabu (15/6)  untuk mengetahui kesiapan stasion KA Gambir melayani mudik lebaran Idul Fitri 1437 H.
Menurut Akom,   DPR segera memproses surat tersebut  Kamis (16/6) dan akan melakukan rapat konsultasi terlebih dahulu dengan pimpinan DPR RI. Rencananya, DPR  melakukan fit and proper test  Rabu minggu depan. ”Insya Allah Kamis kita  Rapim, dan menyampaikan pencalonan Komjen Tito. Juga akan dibahas di Bamus, setelah itu diproses di Komisi III DPR untuk fit and proper test dan disampaikan ke Paripurna DPR,” kata Akom.
Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid menyambut positif keputusan Presiden RI Jokowi yang telah menunjuk Komjen Tito Karnavian  sebagai calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti. Sebab,   Tito telah terbukti sukses  menjalankan tugas khususnya  menangani terorisme selama ini.
“Pak Tito Karnavian itu jujur,  sederhana, bersih, berintegritas, tidak banyak bicara, tapi banyak kerja. Itulah yang disenangi Presiden Jokowi, yaitu pembantunya yang memberikan bukti dengan kerja dan prestasi,  bukan banyak bicara minim kerja,” tegas Jazilul.
Pada prinsipnya kata Jazuli,   Tito Karnavian  sudah memenuhi syarat sebagai Kapolri. “Saya kira penunjukan Presiden Jokowi kepada Tito Karnavian memiliki alasan  kuat, dan memutuskan setelah menerima masukan dari berbagai pihak yang bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya.
Karena itu FPKB DPR kata Jazil,  akan mendukung keputusan Presiden RI. “Jadi, kami di FPKB DPR pasti mendukung  Tito Karnavian yang telah dipilih  Presiden RI. Pak Tito sebagai prajurit yang loyal dan dedikatif pada tugas,” paparnya.
Sebagaimana diketahui Komjen Pol Tito Karnavian pernah menjabat sebagai Kapolda Papua, Kapolda Metrojaya, dan saat ini merupakan kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Mantan Kapolda Metro Jaya itu merupakan anggota Polri yang karirnya paling cepat menanjak di angkatannya, yakni Akademi Kepolisian 1987. #duk
Baca:  Pesan Kapolri pada Mahasiswa: Jangan Demo Karena Nasi Bungkus
x

Jangan Lewatkan

46 ‘Preman’ Terjaring Operasi Pekat

Palembang, BP–Subdit III/Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel menjaring 46 orang yang diduga preman di beberapa titik lokasi di ...