Home / Bisnis / Harga Emas Tembus Rp3,26 Juta/Suku

Harga Emas Tembus Rp3,26 Juta/Suku

Palembang, BP– Harga perhiasan emas kadar 24 karat di Palembang, sejak dua pekan terakhir mengalami kenaikan. Harga emas per suku tembus Rp3,2 juta. Seorang penjual perhiasan emas di kawasan Pasar 16 Ilir Endi (37) mengatakan, sebenarnya kenaikan harga emas sudah terjadi sejak dua pekan terakhir. Kenaikan harga mencapai Rp10.000 per gram dari pekan lalu.

“Untuk yang 22 karat per gram dijual Rp487.000, jika per suku sekitar Rp3,26 juta. Namun itu harga dasar, harga tersebut menyesuaikan pesanan pembeli dengan kadar yang disesuaikan,” kata Endi.

Dia mengatakan, secara umum memang terjadi kenaikan harga jual namun untuk harga beli kembali tidak ada patokan. Harga beli kembali menyesuaikan kondisi fisik perhiasan yang akan dijual.

“Minat jual kembali bisa dikatakan naik 10 persen dibandingkan sebelum memasuki puasa, diperkirakan sudah mulai banyak pemilik yang butuh uang, terutama menjelang tahun ajaran baru,” katanya.

Baca:  Awal Ramadan, Harga Emas Melonjak

Endi memperkirakan, puncak jual kembali akan terjadi menjelang pekan kedua Ramadhan. Namun minat beli diperkirakan akan ramai memasuki pekan ketiga Ramadhan.

“Mau tidak mau harus terima emas yang mau dijual kembali, apalagi mereka belinya ke toko ini juga. Memang minat beli emas tidak terlalu tinggi, namun diperkirakan akan naik setelah Tunjangan Hari Raya (THR) cair,” katanya.

Tidak berbeda jauh dikatakan, Very petugas toko emas di Jalan TP Rustam Effendi. Menurutnya, harga jual memang naik, per suku untuk 20 karat sekitar Rp3 juta. Namun itu tergantung dari jenis perhiasan yang akan dibeli.

“Sebenarnya harga per suku itu tidak ada patokan, itu tergantung jenis motif dan kadar emas yang diminta pembeli. Semakin tingkat kerumitan perhiasan yang dibeli, semakin tinggi biaya buat, bisa mencapai Rp300.000 lebih tinggi,” katanya.

Baca:  Transaksi Gadai Didominasi Emas

Untuk jual kembali pun dikatakan, biasaya lebih murah hingga 10 persen dari harga jual, dan itupun tergantung kondisi emas yang dijual kembali. “Harga jual kembali juga dipengaruhi kondisi emas itu sendiri, kalau banyak yang lecet akan mempengaruhi harga jual,” tutur dia.

Pengamat investasi Masrul Purba mengatakan, harga perhiasan emas tidak sama dengan harga logam mulia. Harga perhiasan emas cenderung lebih murah, tergantung kadar dan beratnya. Untuk jual kembali pun harganya bisa turun hingga 10 persen dari harga beli.

“Biasanya yang dijual di pasaran, seperti 22 karat kadar emasnya bisa mencapai 40 persen, sedangkan yang 24 karat itu kadaranya bisa mencapai 90 persenan, tergantung dimana tempat membeli, maka dari itu harus jeli membeli perhiasan,” katanya.

Baca:  Harga Emas di Antam Palembang Rp629.000 Per Gram

Dia mengatakan, untuk investasi atau jual kembali, memang sangat dianjurkan untuk membeli logam mulia yang memiliki kadar 99 persen emas. Untuk jual kembali pun tidak akan tertipu karena logam mulia sudah memiliki sertifikat yang resmi.

“Perhiasan itu biasanya dibeli untuk dipakai, kalau untuk disimpan dan dijual kembali logam mulia lebih efektif untuk dipilih. Harga perhiasan untuk dibeli maupun dijual sangat bergantung dengan kadar dan berat, tak heran jika harga per suku emas di tempat yang satu dan yang lain berbeda,” katanya. #ren

 

x

Jangan Lewatkan

UIN Raden Fatah Berduka

Palembang, BP Civitas akademika Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang berduka, salah satu dosen terbaiknya Drs. Kailani Mustafa, ...