Home / Sumsel / Banyuasin / Lumbung Kelapa Terbesar Provinsi

Lumbung Kelapa Terbesar Provinsi

Ba‎nyuasin Bangun Sentra Pengolahan 

180962_1604609803709_7666943_n

REPRO ilustrasi

Banyuasin, BP

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian akan membangun sentra pengolahan kelapa di Kawasan Teluk Payoh, Kecamatan Banyuasin II.

Program ini menyikapi besarnya potensi pertanian kelapa di wilayah yang bersinggungan dengan  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan pelabuhan internasional Tanjung Api-api.

Kepala Dinas Koperindag Banyuasin Ria Apriani mengatakan, potensi perkebunan kelapa rakyat di Banyuasin mencapai 47.285 ha dengan produksi sebanyak 44.269 ton pada tahun 2015. “Banyuasin merupakan penghasil kelapa terbesar di Sumsel, bahkan komoditas kelapa Banyuasin ini juga sampai diekspor ke luar negeri, ” katanya.

‎Dengan adanya centra pengolahan itu, potensi kelapa bisa dimaksimalkan. Mulai dari serabut, daging kelapa, tempurung, serabut, daun, akar bahkan asap cair pembakaran kelapa juga bisa menjadi komoditas ekonomi.

Bantuan dari kementerian akan membantu petani kelapa untuk mengolahnya, sehingga Banyuasin punya olahan kelapa khas Banyuasin. “Dengan harapan dapat berdampak positif bagi masyarakat dan membantu meningkatkan PAD di Banyuasin,” beber dia.

Ditambahkan Kabid Perdagangan Diskoperindag Banyuasin Rohamsi menambahkan, kawasan Teluk Payuh dan lainnya di Tanjung Api-api akan digusur dengan perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK. Sementara, produksi di sana cukup tinggi.

“Petani kelapa di sana tidak kehilangan mata pencarian, karena akan terbantukan dengan sentra pengolahan kelapa terpadu tersebut, sekaligus pengembangan perekonomian di kawasan TAA,” singkatnya.#mew

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Polisi Mencium Bau Alkohol dari Mulut Pelaku Kerusuhan di Flyover Slipi

Jakarta, BP — Sejumlah orang dari sekelompok massa yang melakukan kerusuhan di flyover Slipi, Jakarta Barat diamankan polisi. Diduga sebagian ...