Home / Bisnis / H-3 Ramadhan, Harga Sembako Kian Membubung

H-3 Ramadhan, Harga Sembako Kian Membubung

usaha-sembakoPalembang, BP

Tiga hari menjelang Ramadhan, harga kebutuhan pokok terus merangkak naik. Kenaikan dipicu oleh makin tingginya permintaan masyarakat, sehingga mempengaruhi harga jual.

Pantauan di Pasar Kuto, Jumat (3/6), harga telur ayam ras naik dari harga Rp18.000 per kg menjadi Rp18.500 per kg. Daging ayam potong dari Rp31.000 naik menjadi Rp33.000 per kg.

Kenaikan juga terjadi pada cabai merah, dari harga sebelumnya Rp20.000 perkg menjadi Rp25.000 per kg. Sementara bawang merah masih tetap tinggi di Rp45.000 per kg. “Harga yang masih tinggi itu bawang merah, dan daging ayam potong. Daging ayam itu sebelumnya Rp31.000 per kg, sekarang menjadi Rp33.000 per kg, karena yang beli juga ramai,” kata Siti (44), pembeli di Pasar Kuto, Jumat (3/6).

Salah satu pedagang ayam potong, Udi (38) mengakui, harga daging ayam cepat sekali naik turun. “Harga dari agen memang seperti itu, ketika barang banjir harganya turun, kalau barangnya sedikit harganya bisa naik,” katanya.

Demikian dikatakan pedagang lainnya di pasar KM 5, Yusriani (48). Menurutnya, hampir semua harga sayuran merangkak naik. Seperti kentang, wortel, bayam, kol, terong kenaikan Rp500 hingga Rp1.000. “Kalau sayuran naik sedikit, namun harganya masih standar. Memang mendekati puasa harga bisa berubah cepat. Apalagi kondisi pasar makin ramai,” katanya.

Sementara itu, pantauan di Pasar Cinde Palembang, harga kebutuhan pokok tidak berbeda jauh dengan pasar-pasar tradisional lainnya di Palembang. Hanya saja untuk harga daging ikan masih cukup tinggi. Kohir, pedagang ikan mengatakan, rata-rata harga ikan naik Rp3.000 hingga Rp6.000 per kg. “Gabus, nila dan ikan patin naik. Memang tidak banyak, namun tetap saja harga dari penyuplai naik, jadi kami juga menyesuaikan,” katanya. #ren

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Tukar Informasi Terkait Lampung Bantu Koperasi Dan UMKM Era New Normal

Palembang, BP Upaya Percepatan Perbaikan Ekonomi Pelaku Koperasi dan UMKM terdampak Pendemi Covid-19, Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ...