Home / Headline / Palembang Raih Predikat WTP dari BPK RI

Palembang Raih Predikat WTP dari BPK RI

IMG_0494-660x400Palembang, BP

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Pemerintah Kota Palembang. Setelah sehari sebelumnya mendapatkan penghargaan pelayanan terpadu satu pintu terbaik se-Indonesia, kali ini Pemerintah Kota Palembang kembali mendapatkan penghargaan berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemerintah daerah tahun anggaran 2015 oleh BPK RI. Penyerahan opini WTP ini dilakukan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Selatan I Gede Kastawa kepada Walikota Palembang H Harnojoyo di Kantor BPK RI Perwakilan Sumsel, Selasa (31/5).

Penyerahan hasil pemeriksaan ini dilaksanakan serentak kepada 16 Bupati/Walikota se Sumatera Selatan dan 16 Ketua DPRD Kabupaten/Kota Se-Sumatera Selatan. Dari 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Selatan, satu Kabupaten yakni Kabupaten Musirawas Utara belum diserahkan karena hasil pemeriksaannya belum selesai.

Palembang sendiri menjadi Kota yang berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian. Dengan demikian membuktikan bahwa Pemerintah Kota Palembang telah berhasil menyusun laporan keuangan dengan baik dan penggunaan anggran yang baik dan tepat sasaran. Yang lebih membanggakan lagi, Palembang satu-satunya Kota dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Sletan yang meraih predikat WTP enam kali berturut-turut meraih predikat tersebut sejak tahun 2010.

Walikota Palembang H. Harnojoyo mengungkapkan rasa syukurnya atas opini WTP yang diraih oleh Pemerintah Kota Palembang, “Alhamdulillah untuk kesian kalinya Palembang berhasil meraih WTP, ini menunjukkan kekonsistenan Pemkot Palembang dalam menyusun laporan keuangan, selain itu melalui predikat ini artinya anggaran di Pemkot Palembang telah tepat sasaran,” ungkap Harnojoyo.

Lebih lanjut Harnojoyo memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Palembang khususnya Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang yang telah bekerja maksimal sehingga diraihnya predikat WTP tersebut, “Saya berikan apresiasi kepad BPKAD dan seluruh jajaran Pemkot Palembang atas kerja kerasnya,ini semua bias diraih karena kerja keras dan kekompakan kita semua, jadikan penghargaan ini sebagai motivasi kita semua untuk bekerja lebih baik lagi,” ujar Harnojoyo.

Sementara itu Ketua BPK RI perwakilan Sumatera Selatan menyampaikan dengan diserahkannya laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2015 ini dapat dijadikan evaluasi dan koreksi agar kedepannya lebih baik lagi, “Mari jadikan laporan hasil pemeriksaan ini sebagai evaluasi untuk lebih baik lagi, bagi Kabupaten/Kota peraih WTP selamat atas raihannya, jangan cepat puas, terus pertahankan prestasi ini, dan bagi Kabupaten/Kota yang belum menerima predikat WTP jangan berkecil hati, terus bekerja keras, evaluasi agar kedepan bias lebih baik lagi,” ujar I Gede Kastawa.

Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan tersebut, dari 16 kab/kota, sebanyak 12 kab/kota memperoleh opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian. Kab OKU Selatan, Kabupaten Banyuasin, Kota Palembang, Kabupaten lahat, Kabupaten OKU Timur, Kabupaten Muaraenim, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten OKI, Kota Prabumulih, Kota Pagaralam, dan Kabupaten OKU. Sementara empat kabupaten mendapat opini wajar dengan pengecualian, yaitu PALI, Ogan Ilir, Musirawas, dan Empatlawang.

Pada kesempatan ini juga Walikota Palembang H. Harnojoyo mendapatkan kehormatan dengan mewakili Bupati/Walikota Se-Sumatera Selatan untuk menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya Harnojoyo mewakili seluruh Bupati/Walikota menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPK RI perwakilan Sumsel, dan menyampaikan harapannya kedepan seluruh Kabupaten/Kota Se-Sumsel meraih predikat WTP, “Semoga tahun berikutnya 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel ini semuanya mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian,” ujar Harnojoyo.#rel/ren

Baca:  Walikota Bersihkan Anak Sungai di Sukajaya
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Cintani Penderita Kanker Tulang Dapat Bantuan Sebesar Rp27,8 Juta

Baturaja, BP – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), melakukan penggalangan dana ...