Home / Headline / 13 Kades Kabur Tak Ikut Tes Urine

13 Kades Kabur Tak Ikut Tes Urine

IMG_20160531_105610

Sejumlah kepala desa sedang mendaftarkan diri untuk res urine.

Muarabeliti, BP

Sedikitnya ada 21 dari 72  kepala desa (kades) yang  memilih tidak mengikuti tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Musirawas. Dari jumlah tersebut 13 di antaranya memilih melarikan diri atau kabur tidak mengikuti tes urine. Sedangkan sisanya delapan orang memang tidak hadir sejak awal acara penyerahan secara simbolis SP2D Dana Desa (DD), Selasa (31/5). Yang melarikan diri tersebut patut dipertanyakan apakah positif pemakai atau ada indikasi lain.
Sekretaris BNK Mura Hendra Amoer  mengakui untuk tes lanjutan ada 72 yang diundang untuk mengikuti tes urine. Tapi dari jumlah tersebut 21 di antaranya tidak ikut tes urine. Dari jumlah tersebut delapan tidak hadir dari awal, sedangkan untuk 13 lainnya memang memilih  melarikan diri saat akan dilakukan tes urine.
“Kita tidak mengetahui mengapa mereka melarikan diri tidak mau mengikuti tes urine,”jelasnya.
Mengenai nama-nama kades yang tidak mau mengikuti tes urine tak etis kalau diumumkan ke publik. Padahal sebelum acara Wakil Bupati sudah mengumumkan bahwa Kades diminta untuk tidak meninggalkan tempat. Bahkan Bu Wabup secara tegas dan bertanggungjawab supaya kades mengikuti tes urine dan menyerahkannya ke BNK.
“Sudah diumumkan, masih ada yang kabur itu patut dipertanyakan, ada apa sebenarnya,”terangnya.
Disinggung masalah keamanan, dia mengatakan tes urine ini bukan bicara masalah keamanan tetapi bicara masalah moral, sebab kades harus memiliki integritas dan moral yang baik.
“Masalah ini bukan bicara keamanan tetapi moral. Wabup sudah mengumumkan artinya dari segi moral dipertanyakan,” paparnya.
‎Kalau bicara mengapa belum diumumkan hasil tes urine pertama, belum diumumkan hasil tes urine yang pertama disebabkan belum seluruhnya mengikuti tes urine. Makanya akan ada tindaklanjut tes urine susulan berikutnya.
Terpisah Sekda Mura, Isbandy Arsyad, mengatakan apabila ada kades yang tidak mau mengikuti tes urine akan dilakukan penjadwalan ulang. Kapan pelaksanaan tes urine ulang menunggu hasil laporan dari BNK Mura.
“Mengenai jadwal ulang tes urine menunggu hasil dari BNK,” jelasnya. #wan
Baca:  Waspadai Makanan Mengandung Narkoba
x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Sambangi Istana Bogor, Bahas Progres Asian Games

Bogor, BP— Untuk memastikan persiapan Asian Games 2018 berjalan baik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin Rapat ...