Home / Headline / Indonesia Ukir Sejarah, Juara Umum ASSC

Indonesia Ukir Sejarah, Juara Umum ASSC

3005.01.kaki.poto.zal.START- Atlet renang dari tujuh negara saat mengikuti kejuraan Asian Schools Swimming Championships (ASSC) di Venue Aquatic Stadium Jakabaring, Palembang, Minggu (30.5).BP (2)Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi juara umum dalam kejuaraan juara Asian Schools Swimming Championships (ASSC). Venue Aquatic Stadium Jakabaring, Palembang menjadi saksi bisu penorehan sejarah ini.

PERENANG Indonesia mengukir sejarah baru. Turmudzi dan kawan-kawan untuk pertama kalinya merebut gelar juara umum Asian Schools Swimming Championships (ASSC) V/2016 setelah mengemas 16 medali emas, 10 perak, dan 9 perunggu.

Pelatih Indonesia Albert Susanto tak bisa menutupi rasa gembiranya atas prestasi perenangnya. Dia mengakui sangat bangga dengan pencapaian ini.

“Kita sangat bangga atas kerja keras para atlet, sehingga Indonesia meraih gelar juara umum. Kita juga tidak menyangka, itu semua di luar target. Sebab sebelumnya di ASSC Makao 2015, kita hanya meraih 4 emas,” katanya, Minggu (29/5).

Tapi bermain di rumah sendiri tampaknya membuat perenang Indonesia tampil ‘mengila’. Mereka seakan bisa bernapas di dalam air, dan tak kenal menyerah untuk dapat meraih medali emas.

Baca:  Mei, Sumsel Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Renang Asia

“Hasilnya sangat baik, 16 emas berhasil didapat,” ucapnya.

Pemecahan rekor nasional juga terjadi di ajang ini, yakni atas nama Sofie Kemala di nomor 50 meter gaya kupu-kupu dan Azzahra Permatahani di nomor 400 meter gaya ganti.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya akan mengambil setidaknya 22 perenang yang bakal memperkuat Indonesia pada ASEAN Schools Games di Chiang Mai, Thailand, Juli mendatang. Sebelum turun dalam ajang ini, mereka akan menjalai latihan keras di Bali dan Jakarta.

“Para perenang yang tergabung dengan Prima akan menjalani latihan di Bali, sedangkan yang di luar Prima akan dipersiapkan di Jakarta,” ujarnya.
Asisten Deputi Bidang Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora Washington mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan even ini. Ia meminta para atlet yang terpilih memperkuat Indonesia di ajang ASEAN Schools Games di Thailand, agar terus meningkatkan latihan sehingga bisa meraih prestasi.

Baca:  Altet Loncat Indah Alami Gatal-Gatal dan Mata Perih di Venue Aquatik JSC

Pada perlombaan terakhir, Minggu (29/5), Indonesia meraih empat medali emas yang disumbangkan Sofie Kemala, Ilham Ahmad Turmudzi, Sagita Putri, dan Tim Estafet Putra.

Tampil di nomor 50 M Gaya Punggung putri, Sofie mencatat waktu tercepat 29,88 detik. Medali perak direbut Wong Kwan To (Hongkong) 30,25 detik dan AA Istri Kania Ratih meraih perunggu dengan waktu 30,34 detik.
Ilham meraih sukses di nomor 100 M Gaya Dada putra dengan mencatat waktu 1 menit 03,86 detik.

Perak direbut Wong Ho Kiu (Hongkong) 1:04,64 detik dan M Fahri merebut perunggu dengan waktu 1:05,95 detik.
Di nomor 100 M Gaya Bebas putri, Sagita mencatat waktu terbaik 57,71 detik. Perak direbut Benjamapon Sangkhawat (Thailand) 58,34 detik dan Hung Nok Yan (Hongkong) 59,60 detik perunggu.

Baca:  Anak-Anak Pulokerto dan Sungai Rengas Nikmati Berenang di Kolam Renang Garuda

Medali emas penutup Indonesia dipersembahkan Dwiki Anugrah, Ilham, Abdu Fitra Indarto, dan M Alamsyah di nomor estafet 400 meter putra dengan catatan waktu 3:53,78 detik. Perak direbut Hongkong (3:56,97 detik) dan Singapura (3:57,35 detik) meraih perunggu. # rizal effendi
Daftar Perolehan Medali ASSC V/2016
No. Negara  Emas Perak Perunggu
1.  Indonesia   16    10     9
2.  Hongkong   10     9   11
3.  Thailand      7     11   13
4.  Singapura   3   5    2
5.  Malaysia      1    1     4
6. India 1 0 0
7. Sri Lanka      0   2 0

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kualitas Udara  Palembang Terburuk Nomor Dua Se-Indonesia

# Koalisi Masyarakat Sipil Menggugat Asap Bagikan 500 buah Masker Palembang, BP kabut asap yang mengepung Palembang dikeluhkan bukan hanya ...