Home / Headline / Tingkatkan SDM, Bangun Sekolah Hingga Pedesaan

Tingkatkan SDM, Bangun Sekolah Hingga Pedesaan

guru-okeMuaradua. BP

Untuk meningkatkan  sumber daya manusia di Bumi Serasan Seandanan, Pemerintah Kabupaten OKUS terus menambah jumlah sekolah ke pedesaan dari SD, SMP , hingga SMA/SMK. Hal itu terlihat jelas dari penambahan empat sekolah yakni  SMP Negeri Satap Lawang Agung, SMP Negeri Simpang Empat, SMP Negeri 3 Muaradua, SMP Negeri Suka Maju dan SMA Negeri 1 Buay Rawan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan Zulfakar Dhani, SSos, MM mengatakan, pertambahan sekolah itu di sejumlah kecamatan. Tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia, terutama yang berada jauh di pedesaan. “Tahun ini ada 5 sekolah yang diresmikan. Itu suatu langkah maju sektor pendidikan. Sekolah yang diresmikan tersebut diharapkan dapat menjawab permintaan masyarakat yang selama ini cukup mendambakan pertambahan sekolah, karena kita akui bahwa sudah saatnya sekolah–sekolah tingkat lanjutan atas dan pertama harus dapat seiring denga perkembangan sekolah dasar sehingga masyarakat OKU Selatan tidak lagi harus keluar daerah untuk melanjutkan studinya,” kata Zulfakar.

Sementara itu Bupati OKU Selatan Popo Ali M, Bcom melalui Plt Asisten I Bidang Pemerintahan Umum dan Kesehatan Rakyat mengatakan, peningkatan akses pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam usaha meningkatkan mutu sumber daya manusia.  Secara bertahap dan terencana, Pemkab OKU Selatan telah berbuat dan berkomitmen untuk terus membangun dunia pendidikan dari berbagai aspek, baik itu peningkatan akses maupun peningkatan mutu pendidikan.

Dikatakan Bupati, peningkatan akses itu kini telah dibangun dengan punya tujuan yaitu meningkatkan daya tampung pada semua jenjang pendidikan sehingga anak–anak dari seluruh lapisan masyarakat memiliki kesamaan kesempatan untuk memeroleh layanan pendidikan yang memadai. Oleh sebab itu terangkatlah Angka Partisipasi Kasar (APK) OKU Selatan, Sumsel dan nasional.

Sesuai dengan amanah UU RI No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional  pasal 35 dinyatakan bahwa standar nasional pendidikan mencakup delapan  aspek yang harus terpenuhi,  yaitu standar isi, proses, kompetensi kelulusan, tenaga kependidikan, sarana dan pasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.

“Sebagai jawaban dari delapan aspek tadi, Pemkab OKU Selatan secara berencana dan berkala telah membangun sarana dan prasarana pendidikan. Saya mengucapkan terima kasih kepada selurh masyarakat yang telah turut berpartisipasi dalam melaksanakan program pembangunan di Kabupaten OKU Selatan, demi terwujudnya OKU Selatan yang BERSAMA,”  kata Bupati.#bob

x

Jangan Lewatkan

Stasiun LRT Bakal Gunakan ‘Vending Machine’

Palembang, BP–Untuk penumpang yang nantinya ingin naik transportasi kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Kota Palembang rencananya di setiap ...