Home / Bisnis / Tiket KA Lebaran Sudah Terjual 30%

Tiket KA Lebaran Sudah Terjual 30%

ilustrasi-tiket-kereta-api-140716-andriPalembang, BP

Tiket kereta api (KA) tujuan Tanjung Karang dan Lubuklinggau untuk keberangkatan sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri atau H-7 sudah terpesan 30 persen. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengimbau calon penumpang membeli tiket lebih awal sebelum keberangkatan.

Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, ketersediaan tiket KA per hari untuk tiga kelas sebanyak 2.096 lembar. Untuk pemesanan tiket mudik dan balik sudah bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan.

“Per kemarin, secara keseluruhan pemesanan tiket mudik baru terpesan 30%. Ketersediaan tiket untuk tujuan Lubuklinggau sebanyak 970 tiket, sedangkan Tanjung Karang sebanyak 1.126 tiket per hari,” katanya, Selasa (24/5).

Baca:  Tiket KA Ekonomi Lebaran Ludes Terjual

Aida menjelaskan, tiket H-7 dan H+7 Lebaran untuk kelas ekonomi tersedia 1.252 lembar, masing-masing 578 untuk tujuan Lubuklinggau dan 684 tiket untuk tujuan Tanjung Karang. Untuk kelas ekonomi saat ini sudah dilengkapi fasilitas pendingin ruangan.

“Tiket kelas ekonomi dibanderol Rp33.000 per lembar. Pemesanan masih normal di kisaran 20-30 persen, dan sudah bisa dipesan sejak 90 hari sebelum keberangkatan,” katanya.

Sementara harga tiket kelas bisnis dan eksekutif, Aida menjelaskan, berlaku tarif batas bawah dan batas atas. Untuk tujuan Lubuklinggau tarif batas bawah Rp100.000 hingga 130.000, sementara tarif batas atas Rp140.000 hingga Rp170.000. Sedangkan, tujuan Tanjung Karang sendiri tarif batas bawah Rp125.000 hingga Rp150.000 dan tarif batas atas Rp160.000 hingga Rp190.000 per orang.

Baca:  Tiket KA Libur Sekolah Full

“Lonjakan penumpang tertinggi biasanya pada H-3. Sebelum dan setelah itu biasanya menurun. Namun untuk kelas ekonomi, pengalaman yang sudah-sudah selalu full,” jelasnya.

Ia memperkirakan tahun ini permintaan tiket akan terus naik. Apalagi setelah pengumuman libur sekolah, sekaligus libur Lebaran. Kendati demikian, untuk wilayah Sumbagsel diperkirakan tidak akan setinggi di Pulau Jawa.

Baca:  Tiket KA Ekonomi Tujuan Kertapati dan Tanjung Karang Ludes Terjual

“Untuk ketersediaan kursi kami rasa sudah cukup, karena saat ini banyak alternatif kendaraan mudik. Persiapannya, lebih meningkatkan dari sisi pelayanan,” katanya.

Ia mengimbau penumpang memilih moda transportasi yang sesuai dan aman. Pemesanan tiket sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Saat menaiki kendaraan umum disarankan tidak mengenakan perhiasan mencolok.

“Jelang H-10 Lebaran nantinya akan ada posko-posko setiap stasiun. Kami bekerja sama dengan pihak kepolisian. Kendati demikian, penumpang disarankan harus selalu waspada,” ujarnya. # ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pelaku Copet di Pasar 16 Ilir Diringkus

Palembang, BP Ita Banteng pelaku spesialis copet di kawasan pasar 16 Ilir dan di dalam Angkot akhirnya berhasil diringkus anggota ...