Home / Headline / Ribuan Siswa Rebutan Medali OSN 2016

Ribuan Siswa Rebutan Medali OSN 2016

 

5145Palembang, BP

Ribuan siswa dari 34 provinsi di Indonesia memadati Palembang Sport & Convention Center untuk mengikuti Pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2016, Senin (16/5).

Selain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan, Wakil Gubernur Sumsel H ishak Mekki yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Palembang Ahmad Zulinto turut hadir dalam kegiatan ini.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo mengatakan, meski mengirim siswa ke seluruh bidang baik SD, SMP, dan SMA, pihaknya menargetkan Kontingen Sumsel dapat meraih dua emas di bidang Astronomi dan Fisika Widodo.

“Tahun lalu Sumsel hanya mendapatkan satu emas di Astronomi, kalau perak dan perunggu banyak, saya tidak hapal jumlah pastinya,” tuturnya.

Saat ditanyakan mengapa tidak memasang target juara umum, dirinya mengungkapkan bahwa pihaknya tahu diri. Widodo berujar, masih banyak provinsi yang lebih hebat, terutama Jawa Timur dan Jawa Tengah yang sering meraih juara umum.

Baca:  Belajar dari Internet

Bila dinilai secara rata-rata, kemampuan bersaing Sumsel dengan provinsi lainnya di Indonesia masih berada di papan tengah. Namun pihaknya menargetkan, dalam 10 tahun ke depan dapat meraih posisi tiga besar nasional dalam ajang tahunan ini, seiring peningkatan sumber daya manusia dari program pendidikan di Sumsel yang semakin maju.

Mendikbud Anis Baswedan menuturkan, siswa seumuran SMA, bahkan SMP dan SD nantinya akan hidup di era yang amat berbeda dari sekarang. Dirinya mengimbau pentingnya penguasaan sains dan teknologi bagi siswa agar dapat menyesuaikan dengan perubahan yang ada, terutama memperkuat penguasaan sains murni.

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan pendamping yang telah hadir di Palembang untuk berlomba di OSN ini.

Ketua Panitia OSN 2016 Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, OSN kali ini merupakan yang ke-15 kalinya diselenggarakan sejak 2002 untuk membinaan dan mengembangan bakat, minat, dan prestasi siswa sekolah dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca:  Utus 27 Pelajar Bersaing di OSN Provinsi

Total peserta yang ikut serta dalam OSN 2016 sebanyak 1.579 siswa terbaik dari seluruh Indonesia. Rinciannya, peserta SD sebanyak 408 orang, 396 siswa SMP dan 775 peserta SMA. OSN akan diselenggarakan selama tujuh hari, 15-21 Mei 2016.

Jenis lomba untuk SD meliputi Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sebanyak tiga cabang lomba untuk siswa SMP, yaitu Matematika, IPA, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sementara jenis lomba untuk siswa SMA meliputi bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Bidang Geografi.

Para peserta OSN SD tahun 2016 memperebutkan tiga tropi, pertama Hasil Tes Teori Terbaik. Kedua, eksplorasi terbaik dan peserta terbaik. Peserta OSN SMP tingkat nasional sebanyak 132 siswa di bidang Matematika, 132 siswa untuk IPA, dan 132 siswa di bidang IPS.

Pada siswa SMA, peserta OSN terdiri dari 88 peserta bidang Matematika, 86 peserta bidang Fisika, 86 peserta bidang Kimia, 87 peserta bidang Informatika/Komputer, 88 peserta bidang Biologi, 84 peserta bidang Astronomi, 85 peserta bidang Ekonomi, 86 peserta bidang Kebumian, 85 peserta bidang Geografi.

Baca:  392 Siswa Ikuti OSN Tingkat SMA se-Kabupaten OI

Untuk masing-masing bidang disediakan 10 medali emas, 20 perak, dan 30 perunggu. Seluruh peraih medali akan mendapatkan dana pembinaan dan piagam penghargaan dari Mendikbud.

Pelaksanaan OSN SMA 2016 berlangsung di sembilan titik lokasi yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri2 Palembang untuk bidang Matematika, SMKN 2 Palembang untuk bidang Fisika, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Palembang untuk bidang Kimia, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE MDP Palembang untuk bidang Informatika/Komputer, dan SMAN 3 Palembang untuk bidang Biologi.

SMA Xaverius 1 Palembang menjadi tempat untuk pelaksanaan olimpiade Astronomi, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya untuk bidang Ekonomi, SMAN 3 Palembang Kompleks Olah Raga Jakabaring, dan SMAN 1 Palembang Kompleks Olah Raga Jakabaring untuk bidang Kebumian. Oidz

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

PD Sumsel Sesalkan Pengerusakan Bendera di Riau

Palembang, BP Bagi Partai Demokrat (PD) sosialisasi melalui alat peraga kampanye (APK) seperti bendera, umbul-umbul dan spanduk sangat efektif dalam ...