Home / Headline / Serapan Raskin OKI Baru 3,86 Persen

Serapan Raskin OKI Baru 3,86 Persen

indexPalembang, BP
Penyaluran beras untuk masyarakat miskin (Raskin) kini sudah mulai disalurkan oleh Perum Bulog Divre Sumsel Babel. Namun, realisasi hingga Mei ini daerah Ogan Komering Ilir (OKI) terendah, 3,86 persen. Pasalnya, berdasarkan catatan, daerah tersebut belum mengajukan pendistribusian.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ishak Mekki, mengatakan, realisasi penyerapan raskin di daerah OKI memang sangat kecil dibandingkan wilayah lain. “Bagaimana supaya raskin tersalurkan secepatnya kepada 419.579 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Sumsel, sementara di OKI realisasinya belum signifikan, sementara sekarang sudah bulan Mei, seolah-olah disana tidak jalan dengan baik,” katanya, usai pembukaan Rapat koordinasi kebijakan program raskin 2016.

Baca:  Raskin Tidak Merata Dan Tidak Tepat Sasaran

Menurutnya, ada beberapa hal yang bisa menjadi kendala dalam mendistribusikan raskin, selain karena infrastruktur yang tidak memadai juga karena proses administrasi karena sistem pembayaran raskin di Sumsel dengan cash and carry.

Di Sumsel, ada beberapa daerah yang sulit dijangkau karena merupakan daerah perairan dan pesisir, seperti OKI dan Banyuasin. Hal ini pun menjadi salah satu kendala untuk mendistribusikan raskin dari titik distribusi ke penerima raskin.

Baca:  Mark-up Harga Raskin Bisa Dipidanakan

“Selain itu juga, terkendala biaya transport beras sehingga sering tertunda, meskipun anggarannya ada di daerah tersebut tapi minim. Pemprov sendiri sudah menganggarkan dana agar beras sampai hingga ke penerima,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah desa  dapat mempergunakan dana desa untuk memperbaik infrastruktur yang saat ini menjadi salah satu kendala dalam pendistribusian beras raskin. “Pemerintah desa sudah ada dana desa yang sangat besar. Ini bisa digunakan dengan baik untuk pembangunan desa,” jelasnya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Hadiri HUT Palembang, Gubernur Herman Deru Berikan Kado Istimewa 

Palembang, BP–Hari jadi Kota Palembang ke 1336 yang diperingati Senin (17/6) terasa lebih spesial. Ini karena Gubernur Sumsel Herman Deru ...