Sumsel Akan Miliki Sekolah Tinggi Islam Berbasis Quran

11
2(1)Palembang, BP

Sumatera Selatan segera memiliki Sekolah Tinggi Islam berbasis Al Quran atau Sekolah tinggi Al Quran (STIQ) Al Lathifiyah. Hal ini sebagai bentuk akomodasi untuk para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya dalam memahami dan memperdalam ilmu Al Quran secara terinci.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan Yayasan Al Lathifiyah Palembang, Ki Asd HA Nawawi Dencik dan H Sukemi pengurus STIQ, saat audiensi dengan Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki di Ruang Kerjanya, Rabu (11/5).

Nawawi mengatakan, kampus basis ilmu Al Quran ini pertama kalinya di Sumsel dan juga Indonesia, setelah mendapatkan rekomendasi dari Departemen Ilmu Agama yang sudah direncanakan dari satu tahun lalu, maka akhirnya berdirilah kampus yang akan memulai tahun ajaran barunya September 2016 mendatang.

“Persiapannya untuk enam bulan ke depan, diperintahkan Departemen Ilmu Agama sehingga mampu mengelola manajemen yang relevan berdasarkan mata kuliah ini. Alhamdulillah, kami sudah siap baik persiapan gedung dan lain-lain, juga kami sudah mempromosikan ke 35 lokasi di tiap-tiap daerah di Sumsel, kami mendapatkan animo antusias dari calon mahasiswa yang ingin bergabung,” ungkapnya.

Dijelaskannya, bahwa STIQ Al Lathifiyah memiliki dua program studi (S1) yakni Ilmu Hadits dan Ilmu Al Quran dan berlokasi di Jalan Kolonel H Burlian Nomor 240 Kecamatan Sukarami. Kemudian, para calon mahasiswa bisa mencoba tes ujian saringan masuk pada 18 Agustus,  dengan beberapa ujian seperti baca tulis Al Quran, Pengetahuan Umum dan Pengetahuan Agama.

“Kami sudah menyiapkan para dosen-dosen berkualitas untuk bisa mengajarkan para mahasiswa nantinya, disarankan para penghafal Al Quran untuk bisa bersekolah disini, karena tersedia beasiswa,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki, menyambut baik rencana pembangunan STIQ Al Lathifiyah. Dia berharap, sekolah ini bisa terwujud dengan baik.

“Kami selalu mendukung segala kebijakan untuk kemajuan kehidupan masyarakat terlebih lagi pendidikan, saya yakin peminatnya banyak di Sumsel dan juga melihat akan maju karena segala sesuatu hal direncanakan dengan baik,” kata Ishak.

Menurut dia, sekolah Al Quran yang baru pertama kalinya di Sumsel ini akan mendapatkan apresiasi besar dari Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, karena mendukung pembentukan moral yang baik bagi generasi muda.#osk