Home / Bisnis / Ketersediaan Aset Likuiditas Bank Masih Kuat

Ketersediaan Aset Likuiditas Bank Masih Kuat

indexPalembang, BP

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ketersediaan aset likuiditas bank dalam menghadapi potensi penarikan dana yang volatile, yaitu rasio alat likuid terhadap non core deposit atau AL per NCD bank BUKU 1 hingga bank BUKU IV masih di atas batas minimum 50 persen.

Direktur Departemen Perbankan Syariah OJK, Deden Firman Hendarsyah menyebutkan, ukuran likuiditas perbankan masih kuat di tengah perlambatan ekonomi ini karena regulator turut membantu dalam mencapai kelonggaran likuiditas.

Baca:  Korban Kebakaran Minta Keringanan Bank

Rasio AL per NCD bank paling tinggi sebesar 90 persen dan paling rendah sebesar 70 persen. Harapannya, kedepan likuiditas bank longgar dengan adanya dorongan pendalaman pasar uang. “Kondisi ini, menggambarkan bank memiliki ketersediaan cadangan dana jika ada nasabah yang ingin ambil uang,” katanya, baru-baru ini.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Mega Tbk, Kostaman Thayib menambahkan, pihaknya memiliki rasio AL per NCD masih tinggi dan jauh di atas level 50 persen karena bank memupuk likuiditas untuk menjaga kecukupan dana.

Baca:  BTN-POS Serahkan 3 Hadiah Motor

“Kami akan menjaga likuid melalui penyimpanan SBN, kami juga memiliki SBN yang besar hingga 35 persen terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK),” katanya.

Dikatakan, selanjutnya untuk memupuk likuiditas perusahaan masih akan memanfaatkan pasar ritel seperti tabungan dan giro untuk jangka menengah. Dana murah ini akan menghemat biaya dana bank. Kemudian, bank akan menggunakan pasar uang untuk kebutuhan dana jangka pendek. #ren

Baca:  Bank Sumselbabel Siapkan Diri Untuk Asian Games

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Lagi, ACT Sumsel Distribusikan Ratusan Ribu Liter Air Bersih untuk Atasi Kekeringan

Palembang, BP Berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, musim kemarau tahun 2019 menyebabkan kekeringan panjang akibat beberapa faktor yaitu fenomena ...