Home / Headline / PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Untuk AG 2018

PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Untuk AG 2018

imagesPalembang, BP
PT PLN Wilayah Sumatra Selatan, Jambi, dan Bengkulu (WS2JB) menjamin keandalan kelistrikan di Kota Palembang akan jauh lebih baik dan tinggi saat pelaksanaan Asian Games, Agustus 2018 mendatang.

General Manajer PLN WS2JB Budi Pangestu mengatakan, saat ini pihaknya sedang proses menambah gardu induk di dekat lokasi penyelenggaraan Asian Games, yakni Jakabaring Sport City (JSC) untuk mendukung keandalan sistem kelistrikan. Dirinya mengakui bahwa pasokan kapasitas listriknya sendiri saat ini sudah cukup untuk mengcover penyelenggaraan Asian Games.

“Yang ditingkatkan adalah kehandalannya. Jangan sampai ada pemutusan arus listrik atau byar pet saat gelaran Asian Games 2018 mendatang,” ujarnya.

Dirinya menuturkan, saat ini terdapat tiga gardu induk di sekitar wilayah JSC yang menjadi pusat pelaksanaan event olahraga tingkat Asia itu. Saat ini, PLN tengah menambah satu lagi gardu induk berkapasitas 60 MVA yang ditarget beroperasi September 2016.

Baca:  Pembangkit Listrik Lampung Diperbaiki, Pemadaman di OKUT Berkurang

Lokasi gardu induk baru ini lebih dekat dengan lokasi JSC sehingga lebih efektif tidak perlu melewati saluran udara lagi dan tidak terhambat pohon dan lain sebagainya.

“Kami menghitung menghitung kebutuhan listrik di Kawasan JSC sebetulnya hanya sekitar 20-30 MVA. Kami optimistis persiapan yang telah dilakukan saat ini bakal menjamin ketersediaan dan kehandalan ketenagalistrikan di Kota Palembang,” tambahnya.

PLN pun bukan hanya memperkuat kelistrikan di sekitar penyelenggaraan Asian Games saja, namun juga di lokasi-lokasi non venues, namun merupakan pusat kegiatan masyarakat saat event berlangsung.

Salah satu lokasi non venues yang menjadi perhatian PLN adalah hotel-hotel di Palembang. Terdapat 19 hotel yang telah didata PLN terkait kesiapan ketenagalistrikan jelang Asian Games. PLN tidak ingin pasokan listrik di hotel yang menjadi akomodasi para peserta Asian Games itu bermasalah dan terjadi pemadaman.

Baca:  Warga Keluhkan Pemadaman Listrik Mendadak

“Kami juga telah mendata kelistrikan di empat koridor non venues, seperti koridor I yang meliputi Bandara-Ampera-Jakabaring. Kami lakukan pembenahan eksisting,” katanya.

Budi mengatakan pihaknya memperkirakan konsumsi listrik bakal meningkat sekitar 10 persen pada saat Asian Games di sejumlah tempat. Namun bila ada peningkatan lebih dari itu pu, Budi mengatakan, pihaknya siap.

Berdasarkan catatan PLN, saat ini beban puncak di Kota Palembang mencapai 449 megawatt pada siang dan 505 MW pada malam hari. Adapun kapasitas gardu induk terpasang mencapai 701 MW.  Total kapasitas tersebut berasal dari 7 gardu induk 70 kV dan sepuluh gardu induk berkapasitas 150 kV. Sementara kapasitas pembangkit terpasang sebesar 540,85 MW.

Baca:  Ratusan KK di OI Dibantu Penyaluran Listrik Gratis

Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Sumsel Yohannes H Toruan menambahkan, pihaknya mengapresiasi langkah PLN yang telah menyiapkan kehandalan listrik di Palembang.

“Upaya PLN bagus dan cepat tanggap. PLN memang harus proaktif untuk menyiapkan ketenagalistrikan di Palembang, bukan hanya untuk menyambut Asian Games,” katanya.

Menurutnya, saat ini semua kota di Indonesia sudah mengarah pada konsep smart city, termasuk Kota Palembang. Dengan demikian, kehandalan kelistrikan merupakan syarat utama untuk menuju smart city yang bakal diterapkan di Palembang. “Tidak mungkin kalau ketersediaan listrik di kota itu tidak mantap, bukan cuma soal kecukupan suplainya,” imbuhnya. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pelayanan Publik di Muba Kekinian dan Tidak Bikin Sulit

Sekayu, BP–Meski berada di level Kabupaten namun pelayanan dan kecanggihan berbasis digital di Bumi Serasan Sekate tidak bisa disepelehkan, guna ...