Home / Headline / Kasus Kekerasan Terhadap Anak Meningkat

Kasus Kekerasan Terhadap Anak Meningkat

downloadMuarabeliti, BP

Kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Musirawas (Mura) tercatat selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bahkan di tahun 2016 ini saja, telah ada belasan kasus yang sudah masuk dalam laporan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Mura.

Ketua KPAID Mura Mast Idris menjelaskan, pihaknya mencatat ada kenaikan kasus kekerasan terhadap anak setiap tahunnya. Kondisi ini diharapkannya bisa segera berkurang dengan dukungan semua pihak, agar jumlah kasus kekerasan bisa ditekan.

“Selalu meningkat setiap tahun, untuk data lengkap saya lupa, tetapi yang jelas terus terjadi peningkatan. Ini harus jadi salah satu hal yang mesti ditanggapi serius oleh semua pihak,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, salah satu upaya menurunkan jumlah kasus kekerasan terhadap anak, yakni pengawasan dari keluarga yang mulai saat ini harus lebih diperketat, terutama kontrol terhadap aktivitas anak.

“Hal ini tidak bisa diselesaikan oleh aparat penegak hukum dan lembaga lain, seperti KPAID salah satunya. Sebab dukungan masyarakat, terutama kerabat dekat anak-anak, merupakan hal yang jauh lebih penting, guna menghindari terjadinya kasus kekerasan terhadap anak,” jelasnya.

Ia berharap, mulai saat ini seluruh elemen masyarakat mulai bisa melakukan pencegahan terhadap tindak kekerasan terhadap anak, khususnya peran serta masyarakat yang harus proaktif dalam melaporkan kejadian-kejadian yang dialami anak-anak.

“Kalau dari KPAID sendiri, hingga saat ini terus melakukan upaya pencegahan juga, seperti gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama pelajar SMP dan SMA yang menjadi sasaran kita untuk diberikan pemahaman. Jujur, kita akui bahwa kinerja kita tidak akan bisa maksimal jika tanpa dukungan semua pihak.” ungkapnya.#wan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kegagalan Pembangunan Karena Tidak Pernah Belajar dari Sejarah

Palembang, BP–The 1st Internasional Seminar On Adab dan Humanites (ISAH) digelar oleh Fakultas Adab dan Humaniora (Fahum) UIN Raden Fatah ...