Home / Pendidikan / Palembang Siap Laksanakan Kewenangan SMA/SMK ke Provinsi

Palembang Siap Laksanakan Kewenangan SMA/SMK ke Provinsi

843850_09243503112015_ANTONIPalembang, BP
Undang-undang  Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, memberi amanat peralihan kelola kewenangan SMA/SMK dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi. Saat ini proses peralihan itu sedang berlangsung.
Pihak DPRD Palembang mengapresiasi pengalihan tersebut yang dinilai tidak ada masalah untuk tingkat kota Palembang.
        Anggota DPRD Palembang H Antoni Yuzar menilai pengalihan wewenang SMA/SMK untuk tingkat kabupaten dan kota di Sumsel tidak ada masalah. Penyerahan aset SMA/SMA secara administrasi tidak ada masalah, artinya tidak ada kendala sesuai amanah UU No 23 tahun  2014 tentang pemerintah daerah .
“Masalah gaji guru hanya pengalihan karena itu DAU dari pusat. dan akhir tahun harus tuntas,” katanya, Selasa (19/4).
        Dan menurut politisi PKB ini berdasarkan hasil komunikasi dengan Dinas Pendidikan Kota Palembang tinggal realisasi artinya tidak ada kendala. Mulai Januari 2017 nanti, pengelolahan SMA/SMK bakal dilimpahkan ke Provinsi dan tidak lagi dilakukan oleh pemerintah kota/kabupaten.
Kebijakan ini menyusul perubahan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
“Semuanya, mulai dari pengelolahan dan kewenangan Provinsi yang melaksanakan. Sementara SD-SMP tetap di bawah kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo, MPd.
Dijelaskan Widodo, pengalihan kewenangan ini, mulai berlaku secara efektif 1 Januari 2017 mendatang. Tapi inventarisir sekolah mulai disetorkan ke pusat pada 31 Maret-31 October 2016.
“Sengaja kita mulai sosialisasi sejak dini, agar nantinya bisa berlaku efektif dan tidak kaget sekolah-sekolah,” katanya.
Dengan adanya amanat UU ini, Widodo meminta tidak ada lagi keragu-raguan atau beda persepsi mengenai pengelolaan sekolah. “Ini perintah UU dan harus dilaksakan,” pintanya.
Jika ada perihal yang tidak setuju, silakkan saja melalu jalur hukum bukan dengan cara yang frontal. “Kita laksanakan dulu, saya harap kabupaten/kota bisa kooperatif,” katanya.#osk
Baca:  Enesis Group Luncurkan 3 Produk Baru di Palembang
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

IKADS Ajak Anak-Anak Down Syndrome Mengenyam Pendidikan

Palembang, BP Sebagian orangtua menganggap, memiliki anak yang menderita down syndrome merupakan hal yang memalukan. Bahkan, dianggap sebagai kutukan. Sehingga, ...