Home / Headline / Usai Dilantik, DPC Banindo Muba Bentuk Tim Karhutla

Usai Dilantik, DPC Banindo Muba Bentuk Tim Karhutla

Palembang, BP

Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Barisan Penegak Trisakti Bela Bangsa (Banteng Indonesia) atau Banindo Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) resmi dilantik di Gedung Dharma Wanita Persatuan Muba,  Kamis (7/4).
Usai dilantik, DPC Banindo Muba berkomitmen akan membentuk tim antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan mengeksplorasi sumber daya alam Muba untuk dikenalkan pada dunia internasional. 
Ketua DPC Banindo Muba, Setiadi Budi S.Sos, mengatakan tim Karhutla itu nantinya akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Muba dalam hal dinas kehutanan (Dishut), dan bersama-sama menanggulangi kemungkinan kebakaran lahan dan hutan yang kerap terjadi setiap tahunnya di Muba. 
“Bencana kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan bencana asap, seakan sudah menjadi rutinitas tahunan di Sumsel. Oleh karena itu, kita akan fokus mengantisipasi kejadian ini, karena kebakaran hutan dan lahan seperti ini tidak mungkin bisa ditanggulangi hanya oleh pemerintah,” kata Setiadi. 
Selain itu, kata Setiadi, DPC Banindo juga akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan dan olahraga (Dispora) Muba, untuk menggali potensi yang dimiliki Muba, hingga menjadi ciri khas daerah yang dapat dikenal di Indonesia, bahkan dunia internasional. 
“Muba ini kaya akan potensi alam, dan itu banyak yang belum tereksplorasi, seperti rotan, bambu, dan sejumlah tanaman khas Muba lainnya. Ini seharusnya dapat kita jadikan semacam ikon daerah, atau ciri khas daerah, seperti di Lampung ada pisang, di Jawa barat ada peyem, di Jogja ada bak pia. Muba belum terpikir akan hal ini, padahal sesuai pengalaman saya, banyak orang luar yang berkunjung ke Muba, menanyakan makanan khas Muba apa, atau ciri khas lainnya,” beber Setiadi. 

Lebih jauh ia berharap, Banindo Muba dapat memberi warna dalam kehidupan organisasi masyarakat (Ormas) di Muba, sehingga stigma negatif yang selama ini ada di kalangan masyarakat bahwa ormas hanya papan nama, dapat terhapus.
“Dengan hadirnya Banindo kita akan berbuat, setelah ini kami akan rapat kerja daerah, dan akan berkoordiansi dengan DPD dan DPP Banindo untuk membuat terobosan yang sifatnya bersama-sama dengan Pemkab Muba untuk melakuka kegiatan positif,” katanya.

Ketua DPD Banindo Sumsel, Asrul Indrawan menambahkan, pelantikan pengurus Banindo Muba sebagai langkah awal untuk mewujudkan target Banindo Sumsel melantik 17 pengurus DPC Banindo kabupaten/kota di tahun 2016 ini.
“Ini sudah janji saya kepada ketua umum DPP Banindo bahwa di tahun 2016 ini semua pengurus DPC Banindo sudah terbentuk. Setelah melantik pengurus DPC Banindo Muba, di tanggal 4 Mei mendatang, akan kami melantik pengurus DPC Banindo Muaraenim, dan seterusnya,” ujar Asrul.
Selain itu, tambah Asrul, dalam waktu dekat Banindo Sumsel akan  melantik dan mendeklarasikan Komakar Banindo, Generasi Muda Banindo, dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banindo Sumsel. 
“Harapan kita juga, usai dilantik, pengurus DPC Banindo Muba segera membentuk organ di kecamatand an kelurahan, karena target kita di tahun 2017 mendatang, akan ada apel akbar, dan pelantikan pengurus kecamatan seluruh Sumsel, bertempat di Kota Palembang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Banindo, I Ketut Guna Arta mengatakan dengan dilantiknya DPC Banindo Muba, diharapkan target tahun 2016 semua pengurus DPC Banindo se Sumsel terbentuk, dapat terwujud.

“Dengan terbentuknya seluruh pengurus DPC, tentu akan menjadi kekuatan dahsyat yang dimiliki Banindo, karena keberadaan pengurus DPC kabupaten/kota merupakan perpanjangan tangan dari pengurus DPD Banindo Sumsel,” katanya. #osk
 
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tingkatkan Harga Jual Karet, Kabupaten Muratara Belajar ke Muba

Keluang, BP–Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Beni Hernedi menyambut kunjungan kerja Wakil Bupati Musi Rawas Utara H Devi beserta jajarannya, ...