Home / Headline / TN Sembilang Dirusak Pembalak Liar

TN Sembilang Dirusak Pembalak Liar

#DiCaprio Tunda Kedatangan

Koran_Sindo_Nasional_2016-04-05_Daerah_Dari_Heli,_Temukan_Areal_Illegal_Logging_1Palembang, BP      

Taman Nasional Sembilang, Banyuasin, Sumatera Selatan perlahan mulai hancur karena oknum-oknum tidak bertanggung jawab berhasil membawa kayu hutan dari wilayah konsesi tersebut beberapa waktu lalu.

Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian mengaku telah mengamati langsung kondisi TN Sembilang yang tengah dijarah kayu-kayunya. Dirinya mengatakan, dirinya melihat langsung benar adanya pembalakan liar di kawasan tersebut.

“Cara yang digunakan pelaku, batangan kayu yang sudah dirakit, dihanyutkan melalui sungai kecil dalam kawasan TN Sembilang ini,” terang dia. Tak hanya itu, kegiatan pelaku terorganisir karena ditemukan juga adanya pemukiman di tengah TN Sembilang itu.

Yan menegaskan, pihaknya segera berkoordinasi dengan semua pihak terkait seperti kepolisian dan pengelola TN Sembilang agar dapat mengatasi illegal logging tersebut.

“Memang sudah marak dan berkembang, tapi kita bakal segera bertindak, agar TN Sembilang bisa bebas dari ilegal logging,” ucapnya. Hal itu dilakukan mengingat TN Sembilang merupakan kawasan hutan yang kaya akan beragam jenis pepohonan.

Kapolres Banyuasin AKBP Julihan Muntaha, mengatakan, yang paling banyak kawasan ditambah adalah di lokasi Sungai Benu di tengah TN Sembilang. “Sudah nyaris habis dirambah oleh oknum tak bertanggungjawab,” ujarnya.

Ia mengakui, jika tidak ada antisipasi secepatnya untuk menanggulangi ilegal logging itu, diprediksi lima tahun yang akan datang TN Sembilang bakal gundul. “Bakal habis keindahan TN Sembilang, karenanya harus ada tindakan, dan pencegahan,” cetusnya.

Di lokasi ilegal logging, kata dia, ditemukan sisa-sisa potongan kayu hasil perambahan hutan. Juga ada beberapa titik kawasan seperti habis dibakar. “Kami duga ini sebagai modus para pelaku ilegal logging untuk menghapus jejak perambahan liar yang sudah dilakukan,” jelasnya.

Dari informasi yang dikumpulkan Polres Banyuasin, kayu yang diambil dari TN Sembilang biasanya dialirkan melalui sungai kecil dan diarahkan ke Jambi. “Kita dengar, kayu-kayu itu diolah dan dipasarkan kesana,” ucap Julihan. Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo mengatakan, tahun ini pihaknya bakal konsen untuk tuntaskan permasalahan ilegal logging di TN Sembilang.

Diakuinya, tak akan ada membeda-bedakan siapa pun yang bakal ditindak jika terbukti melanggar hukum. Bahkan sekalipun jika ada oknum anggota kepolisian yang tertangkap tangan ikut terlibat dalam aksi ilegal logging.

Terkait dengan kendala yang membuat maraknya ilegal logging di TN Sembilang, Djoko menegaskan, hal itu karena kurangnya kepedulian dari semua pihak yang terkait.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin pun geram, karena para pelaku ilegal logging semakin liar dan tak lagi memandang pelestarian dan penghijauan di TN Sembilang tersebut.

“Sekarang begini, kondisi TN Sembilang terus dijarah. Kayu-kayu dari TN tersebut sudah diambil oleh oknum-oknum. Ini tentunya bisa dicegah dan diatasi asal semuanya terpadu untuk menindaktegas para pelaku ilegal loging,” ungkapnya.

Bahkan dengan kondisi tersebut, rencana kedatangan artis dunia Leonardo DiCaprio pun disebut-sebut bakal tertunda. “Sekarang TN Sembilang mulai habis pepohonannya. Sementara Leonardo mau datang untuk lihat kondisi TN Sembilang. Ini yang jadi kendala yang membuat Leonardo bisa gagal datang ke Sumsel,” terang dia. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pelayanan Publik di Muba Kekinian dan Tidak Bikin Sulit

Sekayu, BP–Meski berada di level Kabupaten namun pelayanan dan kecanggihan berbasis digital di Bumi Serasan Sekate tidak bisa disepelehkan, guna ...