Home / Headline / DPRD Apresiasi Pembangunan Kilang Minyak di Sumsel

DPRD Apresiasi Pembangunan Kilang Minyak di Sumsel

829972_09001806112015_ta (1)Palembang, BP
Pihak DPRD Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi pembangunan kilang minyak di kawasan Tanjung Api-api (TAA) dan hal tersebut merupakan kabar yang baik.
        Sebelumnya Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam rapat paripurna DPRD Sumsel, Senin (4/4),  memastikan umsel kebagian jatah pembangunan kilang minyak di TAA.
“Pembangunan kilang minyak itu kan sektor swasta, kita sendiri dari mulai ada Sumsel yang namanya Sungai Gerong tidak pernah bertambah kilang minyaknya, tetapi kalau pemerintah pusat mau membangun kilang minyak di Sumsel saya pikir itu juga menguntungkan kita di mana minyak bumi mentah kita bisa diolah dan out put-nya menjadi BBM. Masalahnya sekarang kalau itu proyek strategis nasional maka itu menjadi wilayah pemerintah pusat,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumsel Agus Sutikno, Selasa (5/4).
        Politisi PPP ini mengaku belum membaca dan mendengar pembangunan kilang minyak menjadi proyek nasional karena setahunya proyek nasional lebih ke arah infrastruktur seperti kereta api cepat, tol laut, dan sebagainya.
        Dia melihat pembangunan kilang minyak di Indonesia menjadi stagnan karena hitungan cost sharing dan provitnya menjadi masalah. “Kalau itu benar-benar mengungtungkan swasta pasti ngambil, semua sektor semua lini investasi yang menguntungkan  swasta duluan. Sekarang masalah kenapa kilang-kilang minyak tersebut lambat pertumbuhannya di Indonesia, apakah tidak menguntungkan atau regulasinya yang masih sulit,” katanya.
Karena jalur distribusi minyak melalui pipa. ”Kalau itu terkoneksi dengan pelabuhan TAA itulah yang diharapkan menjadi integral,” katanya.
Apalagi di Sumsel layak dibangun kilang minyak karena bahan mentahnya ada di Sumsel.
Hal senada dikemukakan Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Ir Herpanto, Msi, ia mendukung upaya pembangunan infrastruktur di Sumsel termasuk pembangunan kilang minyak di Sumsel.
         “Saya mendukung apa yang disampaikan oleh Pak Alex (Gubernur Sumsel). Kita bersyukur punya gubernur seperti itu. Mau bekerja keras melobi pusat sehingga dana pusat mengalir ke Sumsel, sedangkan APBD kita berapa triliun, kita tetap dukung,” katanya.
Dengan pembangunan kilang minyak di Sumsel, menurut politisi Golkar ini, maka sama halnya mempersiapkan Sumsel untuk 50 tahun ke depan.#osk
Baca:  Pelabuhan 35 Ilir Terbengkalai
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tingkatkan Harga Jual Karet, Kabupaten Muratara Belajar ke Muba

Keluang, BP–Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Beni Hernedi menyambut kunjungan kerja Wakil Bupati Musi Rawas Utara H Devi beserta jajarannya, ...