Home / Headline / Masih Ada Trofi Juara Ketiga Untuk SFC

Masih Ada Trofi Juara Ketiga Untuk SFC

04 03 -- Sriwijaya FC vs Bali UnitedJakarta, BP

          Sriwijaya FC (SFC) sudah dipastikan gagal melaju ke babak final Piala Torabika Bhayangkara 2016, setelah disingkirkan Persib Bandung 0-1 di babak semifinal. Toh, punggawa Laskar Wong Kito tidak boleh berkecil hati. Pasalnya, masih ada trofi juara ketiga yang bisa dibawa ke Palembang, sebagai gelar pelipur lara.

          Tapi, untuk membawa trofi itu, SFC harus terlebih dahulu menyudahi perlawanan Bali United pada perebutan tempat ketiga yang bakal digelar di Stadion UtamaGelora Bung Karno Jakarta, Minggu (3/4). Meski hanya juara ketiga, duel ini tetap berlangsung panas karena ada pertaruhan gengsi di dalamnya. Sama seperti SFC, skuad Serdadu Tridatu juga tidak bisa melaju ke partai puncak usai takluk dari Arema Cronus dengan skor 0-1.

Setelah gagal amankan tiket final, tentu kedua tim tak mau menyia-nyiakan kesempatan terakhir ini.

Bali United berambisi besar merebut kemenangan sebagai gelar pertamamereka di kompetisi tahun ini. Di samping itu, SFC sendiri pastinya juga enggan mengalah guna tetap jaga gengsi dan harga diri.

Untuk menangkan duel ini Pelatih Benny Dollo tetap akan menurunkan skuad terbaiknya yang rata-rata dihuni pemain berpengalaman seperti Ahmad Jufrianto, M Ridwan, Supardi Nasir dan Alberto Goncalves. Kalau ukurannya materi dan pengalaman jelas SFC pemenangnya.

Baca:  Hadapi Perseru, SFC Diuntungkan Tempat Netral

Namun yang jadi persoalan pengalaman kerapkali tak berguna ketika sudah berada di lapangan hijau. Terlebih bila pemain lawan punya semangat lebih besar. Apalagi, skuad besutan Indra Sjafri yang mengandalkan pemain muda tampil oke sepanjang turnamen. Wajar saja kalau SFC ketar-ketir. Belum lagi tim lawan memiliki stamina yang lebih baik. Jika tidak mau kembali malu, SFC harus mengamuk di GBK. Ini saat yang tepat, sekaligus memberikan kado perpisahan bagi Benny Dollo.

“Bali United dihuni pemain muda, mereka bermain ngotot,” kata Asisten Pelatih SFC Hartono Ruslan, Sabtu (2/3).

Menurutnya, sepanjang perjalanan Bali United di Piala Bhayangkara, anak asuh Indra Sjafri bermain cukup kompak dan punya semangat Juang. Tim yang merupakan peleburan dua klub asal Kalimantan, Putra Samarinda dan Persisam itu terbilang sukses dua tahun bersemayam di Bali. Indra Sjafri sebagai

komando Serdadu Tridatu mampu membawa timnya langsung bersaing dengan raksasa ISL.

“Melawan Persib mereka kalah tipis 0-1, itu bukti mereka bisa mengimbangi Maung Bandung,” ujarnya.

Dikatakan Hartono, Bali United bisa dikatakan kurang beruntung di babak semifinal. Padahal secara permainan mereka tidak kalah jauh dibandingkan Samsul Arif dan kawan kawan.

Baca:  Sudah Teken Kontrak, Tolle Batal Bela SFC

“Kita yakin mereka akan bermain sama ngotot dengan sebelumnya, pemain harus siap akan hal itu,” tegasnya.

Ditambahkan mantan Pelatih Persis Solo itu, SFC masih memiliki kelemahan yang ada di skuad mereka saat ini. Hal ini tak lepas dari begitu mudahnya gawang mereka kebobolan melalui skema bola-bola mati.

“Kami memang selalu kebobolan lewat set-piece. Dari mulai Piala Gubernur Kaltim sampai saat ini, kita selalu kebobolan melalui bola mati, entah melalui tendangan bebas atau sepak pojok,” kata Hartono.

Hartono menegaskan bahwa tim pelatih telah memahami titik lemah skuad Laskar Wong Kito ini. Mereka juga telah melakukan evaluasi terhadap hal ini.

“Namun, ini masih belum ketemu pemecahannya,” tandas Hartono.

Ubah Formasi

Pelatih Bali United Indra Sjafri mengaku, akan melakukan perubahan saat melakoni laga melawan SFC.

Sebelumnya, Bali United gagal lolos ke babak final setelah dikalahkan Persib Bandung di babak semifinal dengan skor 0-1. Beberapa latihan sudah dilakukan sebagai persiapan menghadapi laga tersebut.

“Kami ada sedikit perubahan formasi untuk mengantisipasi pertandingan besok. Ada simulasi latihan jelang pertandingan kontra Sriwijaya FC,” kata Indra Sjafri usai latihan di Lapangan C, Senayan.

Selain itu, eks Pelatih tim nasional (timnas) U-19 Indonesia tersebut mengaku akan melakukan perubahan formasi. Meski begitu, Indra belum mau memberi tahu strategi apa yang akan dilakukan.

Baca:  SFC Ragukan ISL Bergulir

“Saya belum mau memberi tahu formasi apa yang akan dilakukan. Tapi, kalau melihat latihan tadi terlihat ada beberapa perubahan komposisi pemain,” jelasnya.

Indra juga belum memutuskan siapa saja pemain yang akan diturunkan pada pertandingan tersebut.

“Seperti biasa sehari sebelum pertandingan baru akan kami tetapkan prakiraan formasi,” bebernya.

Pria asal Padang tersebut menilai laga melawan SFC adalah pertandingan yang biasa. Sebab, timnya dipersiapkan untuk bermain di liga bukan di ajang turnamen-turnamen seperti yang dilaksanakan sekarang.

“Kami mempersiapkan tim ini bukan hanya untuk pre-event saja, karena yang kami tuju adalah liga. Jadi pertandingan tidak ada yang istimewa bagi kami,” ucap Indra.

Meski begitu, Indra menyatakan akan tetap menurunkan skuat terbaiknya di laga tersebut. Semua pemainnya juga dalam kondisi fit, hanya Fadil Sausu yang tidak bisa bertanding karena cedera.

“Fadil tidak bermain karena sedang hamstring. Posisinya akan digantikan oleh pemain lain. Tapi saya belum tahu siapa pemain itu, karena kami mesti menunggu sampai hari pertandingan dulu,” ucapnya.#fer

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pekan Pustaka Palembang, Pamerkan Koleksi Pustaka dan Manuskrip Kuno

Palembang, BP   TIGA perpustakaan di kota Palembang yaitu Perpustakaan Masjid Agung Palembang , Perpustakaan Umariyah dan Perpustakaan Al Washliyah memamerkan beragam koleksi pustaka ...