Home / Sumsel / Bangun Gardu Induk 6O Mega Watt di JSC Untuk LRT

Bangun Gardu Induk 6O Mega Watt di JSC Untuk LRT

156627_03330101102014_Alex_Noerdin (1)

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin

Palembang, BP

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengatakan, Light Rail Transit (LRT) di kota Palembang  telah disetujui menggunakan kereta listrik oleh Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas percepatan pembangunan LRT di Kantor Presiden Sekretariat Kabinet RI, Selasa (29/3) lalu.

“Disetujuinya hal ini berkat dukungan dari beberapa menteri yang lainnya. LRT ini akan menjadi yang pertama di Indonesia dan termodern,” kata  Alex , Minggu (3/4).

Lebih lanjut Alex mengatakan, kelihatannya pembangunan LRT ini biasa saja, namun ini akan menjadi suatu lompatan yang luar biasa dari suatu daerah di luar Jawa, karena bukan hanya untuk transportasi atlet pada Asian Games juga sebagai langkah antisipasi kemacetan total di Kota Palembang.

“Total hampir Rp8,4 triliun lebih dana yang digulirkan untuk pembangunan LRT di Sumsel. Hebatnya lagi Rp8,4 triliun lebih ini sedikit pun tidak menggunakan dana APBD Sumsel,” terang Alex.

Alex menambahkan, khusus untuk LRT ini akan dibangun Gardu Induk berkapasitas 6O Mega Watt di kawasan Jakabaring Sport City (JSC). Gardu Induk ini akan memenuhi kebutuhan operasional LRT 22,5 kilometer ini.

“Diperkirakan LRT ini membutuhkan energi listrik antara 16 sampai 25 Mega Watt, jadi gardu induk yang akan dibangun ini melebihi kebutuhan yang diperlukan dan sisanya akan kita manfaatkan untuk penyelenggaraan berbagai event di JSC,” terang Alex.

Terkait pengelolaan LRT nantinya, Alex mengungkapkan, LRT di Sumsel akan dikelola dan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Dikatakan Alex, PT KAI tidak melakukan investasi di pembangunan LRT ini, melainkan yang berinvestasi adalah Kementerian Perhubungan RI. Menurutnya, hal ini tentunya akan memengaruhi tarif tiket LRT yang akan ditentukan pastinya akan jauh lebih murah, sebaliknya kalau dikelola oleh pihak swasta tentunya akan menimbulkan tarif yang mahal.

“Terkait dengan harga tiket LRT, tentunya akan dilakukan pembahasan bersama terlebih dahulu. Yang pasti paling lambat April 2018 atau empat bulan sebelum Asian Games para anggota DPRD Sumsel akan memulai perjalanan pertama LRT di Sumsel,” kata Alex.#osk
Baca:  Akhir Tahun Ini Pembangunan LRT Capai 30 Persen
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pengerjaan Fisik , Sungai Sekanak Lambidaro di Tahun 2020

Palembang, BP Mega proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro terus dikejar oleh pemerintah kota Palembang. Saat ini, mega proyek senilai Rp ...