Home / Headline / Lima Perusahaan Sawit Masih Diselidiki

Lima Perusahaan Sawit Masih Diselidiki

A123C29D-06F2-40E5-A1EA-3B3292CC1C61_mw1024_s_nPalembang, BP
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi tiap memasuki musim kemarau salah satu penyebabnya dilakukan oleh perusahaan sawit. Bahkan tahun ini pihak Polda Sumatera Selatan masih menyelidiki lima perusahaan sawit lagi yang ditemukan melanggar tahun lalu.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Joko Prastowo, saat Rapat Koordinasi Kesiapan Perusahaan Kelapa Sawit  di Provinsi Sumsel Dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian  Karhutla, Rabu (23/3), mengatakan, pencegahan ini melibatkan banyak instansi, perusahaan sawit mesti berpartisipasi dalam menanggulangi karhutla.

Baca:  Waspada Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan

“Masih ada lima perusahaan dari tahun lalu yang masih diselidiki tahun ini, pihak kita berkomitmen tahun ini tidak ada lagi kasus serupa dengan menggerakkan anggota berpatroli dan koordinasi dengan perusahaan sawit di Sumsel untuk berkomitmen melakukan langkah pencegahan dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM), alat, dan corporate social responsibility (CSR) untuk pencegahan,” katanya.

Baca:  Satgas Karhutla Pantau Hotspot Dengan Patroli Udara

Sementara itu Ketua Gabungan Perusahaan Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumsel Joko Wahyu Priyadi mengatakan, dari 2.052 perusahaan sawit di Sumsel, 65 perusahaan merupakan anggota Gapki. Menurutnya, pihaknya pun berpartisipasi untuk menanggulangi karhutla dengan menyiapkan sarana dan prasarana, patroli, dan optimalisasi organisasi.

“Kita juga punya regu pemadam kebakaran, tidak mungkin mereka (anggota Gapki-red) membakar kebun sendiri, kita siap dan bersinergi dengan instansi lain, lima perusahaan itu bukan anggota Gapki,” ujarnya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kelly Mariana : Penundaan Pilkada Kewenangan Pemerintah Pusat

Palembang, BP Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Kelly Mariana mengatakan, penundaan pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, termasuk ...