Home / Headline / Taklukkan PBFC, SFC Puncaki Klasemen Sementara Grup A

Taklukkan PBFC, SFC Puncaki Klasemen Sementara Grup A

Pesepakbola Pusamania Borneo FC Achmad Hisyam (kiri) berebut bola dengan pesepakbola Sriwijaya FC, Yohanis Nabar (tengah) pada laga Grup A Liga Bhayangkara di Stasion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/3). Sriwijaya FC menang dengan skor 3-1. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/pras/16

Pesepakbola Pusamania Borneo FC Achmad Hisyam (kiri) berebut bola dengan pesepakbola Sriwijaya FC, Yohanis Nabar (tengah) pada laga Grup A Liga Bhayangkara di Stasion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (18/3). ANTARA FOTO

Palembang, BP

Sriwijaya FC sukses menaklukkan Pusamania Borneo FC (PBFC) dengan skor 3-1 di laga perdananya di Piala Bhayangkara. Kemenangan itu membuat Laskar Wong Kito memuncaki klasemen sementara Grup A.

Hasil ini menjadi pembalasan dendam sempurna bagi skuad asuhan Benny Dollo. Sebelumnya, SFC takluk dari PBFC di semifinal Piala Gubernur Kaltim di mana sang lawan akhirnya keluar sebagai juara.

Dendam tersebut terbalaskan saat keduanya bertemu di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (18/3). SFC bermain mendominasi sejak awal dan mengalahkan tim asal Kalimantan tersebut.

Gol SFC dicetak Hilton Moreira menit ke-12, Alberto Goncalves menit ke-23, dan Bayu Gatra menit ke-59. Sementara gol Borneo FC dicetak Brima Pepito Sanusie menit ke-31.

SFC untuk sementara memimpin Grup A, dengan mengoleksi tiga poin. Sedangkan Persib Bandung dan Mitra Kukar yang bermain imbang sehari sebelumnya, berada di tempat kedua dan ketiga dengan nilai sama, satu poin. PBFC bercokol di peringkat keempat. Kontestan Grup A lainnya, PS TNI, baru akan bertanding menghadapi SFC pada Minggu (20/3).

Baca:  Tibo Akan Main Sinetron Madun

“Kami lebih beruntung karena dapat memanfaat peluang dan berhasil menang,” kata Asisten Pelatih SFC Hartono Ruslan.

Ia mengakui, performa timnya jauh meningkat dari sebelumnya. Masuknya Hilton Moreira membawa perubahan yang cukup signifikan di lini depan.

“Kita apresiasi kerja keras pemain, sehingga bisa memetik tiga poin. Ini jadi modal berharga untuk turun di partai berikutnya,” tandasnya.

Menurut kapten SFC Achmad Jufrianto, timnya telah banyak belajar dari kekalahan sebelumnya kontra PBFC.

“Ini menjadi kemenangan tim. Ini juga menjadi buah dari evaluasi pasca Piala Gubernur Kaltim,” ujarnya.

Diakuinya, masalah mendasar dari tim ini adalah jadwal pertandingan yang padat. Bagaimana tidak, setelah mengikuti Piala Gubernur Kaltim, hanya berselang empat hari kemudian mereka langsung terjun ke Piala Bhayangkara. “Jadwal yang padat adalah masalah kami,” ucapnya.

Gelandang anyar SFC Hilton Moreira mengaku gembira bisa mencetak gol di laga perdananya bersama skuad Laskar Wong Kito.

“Senang bisa cetak gol hari ini. Gol ini khusus saya persembahkan buat seluruh pendukung Sriwijaya FC,” ucapnya.

Baca:  Ngom Totto Gabung SFC

Pemain berkepala plontos ini, sebelumnya diragukan kemampuannya mengingat usia yang sudah tak muda, 35 tahun. Namun, satu golnya menjawab keraguan itu.

“Saya senang, namun pertandingan masih panjang,” tukas mantan striker klub Malaysia Penang FA ini.

Sementara itu, Manajer PBFC Iwan Setiawan tampak tidak puas dengan kekalahan timnya. Ia mempermasalahkan kepemimpinan wasit. Di matanya, ada tiga momen yang merugikan tim berjuluk Pesut Etam itu.

“Wasit bertindak tidak bagus malam ini. Setidaknya tiga momen kami dirugikan dan seharusnya mendapatkan penalti,” ujarnya.

Salah satunya saat Yohanis Nabar menjatuhkan pemain Borneo FC di kotak 16. Menurut mantan pelatih Persija ini, mestinya wasit menunjuk titik putih, ternyata tidak.

“Perbaikan dan niat baik Polri melalui turnamen ini tidak akan terlaksana jika kejadian seperti ini terus terulang,” katanya kesal.

 

Jalannya Pertandingan

Di awal babak pertama, kedua tim tampil berhati-hati lantaran kondisi lapangan tergenang air. Namun lepas menit ke-6, SFC mampu mengembangkan permainan.

Baca:  SFC Hentikan Latihan

Pada menit ke-12, kerja sama Beto dengan Hilton Moriera membuka kemenangan, setelah Hilton mencetak gol pertamanya pada ajang Piala Bhayangkara itu.

Permainan eksplosif SFC harus tertunda, ketika wasit memutuskan pertandingan dihentikan sementara pada menit ke-19 karena lapangan tergenang. Sekitar 20 menit kemudian, Ahmad Juprianto membuka permainan dengan tembakan bebas namun melintas di atas mistar gawang Pusamania yang dikawal Galih Sudaryono.

Empat menit kemudian, Beto Goncalves menggandakan keunggulan setelah memanfaatkan umpan dari Yu Hyun Koo.

Ketinggalan dua gol, Pusamania merapatkan barisan pertahanan dan mengintensifkan serangan. Upaya tim asuhan pelatih Basri Badrusalam membuahkan hasil. Pada menit ke-32, Pepito memperkecil ketinggalan jadi 2-1, yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, SFC dan Pusamania saling adu serangan. Bahkan menit ke-50, dalam sebuah kemelut, Pusamania nyaris menyamakan kedudukan. Ahmad Juprianto nyaris membuat gol bunuh diri. Beruntung, bola yang dihalaunya melenceng dari gawang SFC.

Gol ketiga SFC tercipta menit ke-59 melalui Bayu Gatra, memanfaatkan umpan Beto Goncalves. Di sisa pertandingan, kedua tim terus berusaha mencari gol. Bahkan para pemain dilanda kelelahan karena bermain ekstra dalam kondisi lapangan becek. Hingga akhir babak kedua, kedudukan tetap 3-1 untuk kemenangan SFC. # zal

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Menjadi Relawan Paling Lama di DDV Sumsel, Ini Suka Duka Reza

Palembang, BP–Hari Relawan Internasional diperingati setiap 5 Desember setiap tahunnya. Adanya peringatan Hari Relawan Internasional, sebagai bentuk apresiasi atas kekuatan ...